Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas Situasional di Kawasan Ancol Saat Libur Lebaran 

Kompas.com - 11/04/2024, 06:48 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Utara melakukan rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional (mengacu kepada kondisi kepadatan) di kawasan Ancol yang menjadi tujuan wisata favorit saat libur Idul Fitri.

"Pengamanan yang kami lakukan sifatnya situasional tergantung kepadatan pengunjung ke kawasan Ancol tersebut," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakut Komisaris Polisi Edy Purwanto di Jakarta, Rabu.

Kompol Edy mengatakan ada tiga indikator yang akan digunakan yakni indikator hijau, kuning, dan merah.

Untuk indikator hijau, katanya semua dianggap normal dan arus lalu lintas berjalan aman dan lancar.

Baca juga: 31 Acara di Ancol Saat Libur Lebaran, Ada Show Ultraman di Dufan

Kemudian untuk indikator kuning ditandai kawasan Ancol tidak lagi muat menampung parkir kendaraan dan terjadi antrean di pintu masuk Ancol dengan radius 500 meter.

"Kami akan minta pengendara yang datang belakangan untuk memarkir kendaraan di Jalan Benyamin Sueb dan Kemayoran," kata dia.

Selanjutnya indikator merah ditandai dengan antrean masuk ke kawasan Ancol sepanjang satu kilometer dan arus lalu lintas tidak bergerak atau stagnan.

Harga tiket masuk Ancol 2024. Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol tengah bersandar di bean bag yang sudah disediakan pada Sabtu (3/6/2023).KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Harga tiket masuk Ancol 2024. Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol tengah bersandar di bean bag yang sudah disediakan pada Sabtu (3/6/2023).

Pihaknya akan lakukan pengalihan di ring terluar seperti dari arah selatan disekat di Mangga Dua Raya, dari arah timur dilakukan penyekatan di Jalan Kali Baru sekitaran Jakarta International Stadium (JIS).

"Untuk arus dari barat dilakukan penyekatan di Jalan Parang Tritis dan juga dilakukan penyekatan di Jalan Benyamin Sueb agar arus lalu lintas dapat terurai," kata dia

Sebelumnya Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) Tbk menargetkan 800.000 orang berwisata di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Target pengunjung pekan Lebaran tahun ini harapannya bisa mencapai 800 ribu dalam periode 10-21 April 2024," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta, Senin.

Baca juga:

Ia mengatakan, target ini lebih besar 10 persen dibandingkan pekan libur Lebaran  tahun lalu yang berkisar di angka 700 ribu orang.

"Kami sudah menyiapkan berbagai atraksi yang akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke Ancol," kata dia.

Ariyadi mengatakan pada hari pertama Lebaran 2024, sebanyak 40.500 orang mengunjungi kawasan Ancol. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Saat Libur Lebaran 2024

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com