Panduan Menjelajah Goa Sunyaragi, Cirebon - Kompas.com

Panduan Menjelajah Goa Sunyaragi, Cirebon

Kompas.com - 07/06/2017, 21:03 WIB
KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Taman sari Goa Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Taman ini merupakan bangunan batu bata dengan dekorasi batu karang.

KOMPAS.com - Bicara soal destinasi wisata di Cirebon, tentu tak lepas dari Taman Sari Goa Sunyaragi. Kompleks goa tersebut dikenal sebagai tempat peristirahatan Kasepuhan Cirebon dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. 

Taman Sari Goa Sunyaragi berlokasi di Jalan Brigjen AR Dharsono, Kota Cirebon, Jawa Barat. Wisatawan dapat melihat arsitektur goa yang terbuat dari batuan karang, dengan bangunan pelengkap layaknya taman.

Destinasi wisata ini cocok dijadikan lokasi ngabuburit saat liburan atau pulang kampung ke Cirebon. Sebelum menyambanginya, simak beberapa tips berikut yang dikutip dari Nova.

Bawa pelindung kepala

Sebagian besar area Goa Sunyaragi adalah tempat terbuka. Anda akan langsung merasakan sengatan sinar matahari khas pesisir utara Jawa.

Oleh karena itu, bwalah pelindung kepala. Topi sangat membantu, juga sunblock dan kaca mata hitam.

Waspada

Taman Sari Goa Sunyaragi punya beberapa goa yang bisa dimasuki oleh wisatawan. Beberapa goa tersebut bernama Goa Peteng, Goa Pengawal Goa Pawon, Goa Arga Jumut, dan lainnya.

Pintu goa didesain rendah, sehingga Anda harus menunduk saat memasukinya. Agar tidak terantuk bangunan dan bagian atas pintu yang terbuat dari karang tajam, selalu waspada saat memasuki goa.

Selain itu, terdapat pula beberapa kolam dengan kedalaman hingga lima meter. Jika membawa anak-anak, awasi pergerakan agar tidak terjadi kecelakaan.

Datang pada sore hari

Selama bulan puasa, alangkah baiknya jika Anda datang saat sore hari mulai pukul 16.00 WIB. Matahari di Cirebon cukup menyegat pada siang hari. 

Anda juga diharuskan berkeliling sehingga butuh tenaga ekstra saat menyambangi destinasi ini. 

Artikel ini dikutip dari Nova dengan judul asli "Panduan Menjelajah Taman Sari Goa Sunyaragi di Cirebon".

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

 

EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM