Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, 10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Kompas.com - 05/07/2017, 20:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, negara-negara Skandinavia kembali mendapat predikat sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Predikat tersebut berdasarkan hasil penilaian Social Progress Index melalui 50 indikator berbeda dari kehidupan sehari-hari di 128 negara.

Secara garis besar, kategori penilaian dibagi menjadi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, dasar kesejahteraan, dan peluang yang tersedia. Para peneliti menjelaskan kategori tersebut adalah pengukuran terbaik dan mencakup seluruh kualitas hidup.

Mengutip Lonely Planet, inilah sepuluh negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Siapa tahu, Anda tertarik untuk mengunjunginya atau justru ingin bermukim di sana.

1. Denmark
2. Finlandia
3. Islandia
4. Norwegia
5. Swiss
6. Kanada
7. Belanda
8. Swedia
9. Australia
10. Selandia Baru

Ada fakta menarik dari sepuluh negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Misalnya Denmark terkenal sebebagai negara dengan nilai hampir sempurna untuk pengolahan air dan sanitasi. Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan pemenuhan nutrisi terbaik di dunia.

Islandia terkenal sebagai negara nomor satu untuk kebebasan dalam berekspresi, sementara Norwegia tercatat sebagai negara paling aman di dunia. Swiss memiliki peringkat tinggi untuk kelestarian lingkungan, dan Kanada terkenal dengan perempuan cerdas yang rata-rata bersekolah hingga 16 tahun.

Tak ketinggalan Belanda sebagai negara peringkat homophobia terendah di dunia, Swedia terkenal sebagai negara dengan jalan raya paling aman di dunia, Australia sebagai negara yang menjunjung kebebasan beragama dan berpolitik, dan terakhir Selandia Baru yang seluruh penduduknya (100 persen) memiliki handphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com