Bus Tingkat Antar Kota Antar Provinsi Semakin Diminati - Kompas.com

Bus Tingkat Antar Kota Antar Provinsi Semakin Diminati

Silvita Agmasari
Kompas.com - 10/07/2017, 07:05 WIB
Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri.PT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus tingkat Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) semakin diminati oleh masyarakat. Terbukti sejak pertama diluncurkan, jumlah armada bus tingkat dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) terus bertambah.

"Sejauh ini, bus tingkat kami tidak hanya dinaiki dan digandrungi oleh penumpang existing rute Wonogiri-Jakarta PP. Mulai banyak masyarakat lain yang mencoba sensasi perjalanan bus tingkat dengan tujuan Solo dan sekitarnya," kata pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan saat dihubungi oleh KompasTravel, Minggu (9/7/2017).

Putera Mulya Sejahtera adalah salah satu PO yang melayani rute bus tingkat Jakarta- Solo- Wonogiri, dan baru-baru ini menambah dua armada bus tingkat baru untuk rute Bogor-Jakarta- Solo- Wonogiri.

Pemerhati transportasi bus, AM Fikri saat dihubungi KompasTravel mengatakan bus tingkat diminati oleh banyak konsumen karena fasilitas yang ditawarkan serta harga sangat bersaing dengan moda transportasi lain seperti kereta dan pesawat.

"Contohnya untuk rute bus tingkat Jakata ke Semarang dengan jalan tol bisa ditempuh dengan tujuh jam. Kalau lancar waktu tempuh bisa lebih singkat lagi. Dilihat dari fasilitas dan kenyamanan tak begitu jauh dengan kereta, tetapi dari harga bisa lebih jauh dari kereta. Karena harga bus ini flat untuk di weekend juga," kata Fikri.

Rata-rata bus tingkat di Jawa memiliki fasilitas yang hampir mirip. Fasilitas yang disebutkan oleh Fikri adalah kursi empuk, penyajian makan, camilan, dan audio serta video on demand.

Selain perjalanan harian, bus tingkat menurut Fikri juga cocok dijadikan moda transportasi wisata. Khususnya untuk keluarga, karena harga tiket terbilang terjangkau.

Bus tingkat AKAP pertama kali hadir tahun 2015 di rute Medan - Banda Aceh oleh PO Sempati Star. Tak hanya di Sumatera, moda transportasi ini juga bertumbuh dengan pesat di Pulau Jawa.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM