Ini Rute dan Tarif Bus Tingkat AKAP di Indonesia - Kompas.com

Ini Rute dan Tarif Bus Tingkat AKAP di Indonesia

Silvita Agmasari
Kompas.com - 10/07/2017, 09:04 WIB
Bus tingkat antar kota antar provinsi dari Dok. PT Putera Mulya Sejahtera.Dok. PT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat antar kota antar provinsi dari Dok. PT Putera Mulya Sejahtera.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus tingkat atau double decker saat ini menjadi pilihan transportasi perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Sumatera dan Jawa meluncurkan bus tingkat dengan fasilitas eksklusif.

Fasilitas seperti kursi super empuk, full AC, toilet, video audio on demand, makanan, camilan, tempat tidur, sampai bar kini tersedia di bus tingkat AKAP di Indonesia. Fasilitas tersebut tak lain untuk menunjang kenyamanan perjalanan penumpang bus.

Berikut adalah daftar rute dan juga harga dari beberapa bus tingkat AKAP di Indonesia.

1. PO Sempati Star

Melayani rute Medan- Banda Aceh. Kursi bagian atas dikenakan tarif Rp 250.000, kursi bagian bawah Rp 430.000.

2. PO Pelita Paradep

Melayani rute Kualanamu - Pematang Siantar, dengan tarif sekitar Rp 50.000 - 60.000. Bus tingkat Paradep juga melayani pemesanan untuk pariwisata.

3. PO Efisiensi

Melayani rute Yogyakarta - Cilacap, Yogyakarta-Purwokerto, dan Kebumen - Yogyakarta. Tarif kursi lantai atas Rp 110.000 dan tarif kursi di lantai bawah Rp 120.000.

4. PO Sinar Jaya

Melayani rute Jakarta - Pekalogan dan Jakarta - Pemalang dengan tarif Rp 125.000.

5. PO Lorena dan Karina

Melayani rute Jakarta - Madura serta Jakarta- Surabaya - Malang. Tarif berkisar Rp 450.000.

6. PO Putera Mulya

Melayani rute Jakarta-Solo-Wonogiri dan Bogor-Solo-Wonogiri. Tarif untuk kursi bawah dihargai Rp 325.000 dan kursi atas Rp 225.000.

7. PO Agra Mas

Melayani rute Jakarta - Wonogiri yang dikenakan tarif berkisar Rp 225.000 - Rp 250.000

Harga tiket di atas dapat mengalami perubahan sesuai periode pembelian tiket. Sejauh ini pemesanan tiket bus tingkat harus dilakukan di agen penjualan PO.

Namun demikian, pemerhati transportasi bus AM Fikri saat dihubungi KompasTravel, Minggu (9/7/2017) berharap akan adanya kemudahan untuk memesan tiket bus tingkat.

"Kalau memang yang disasar high end coustumer, harusnya pembelian dapat lebih mudah dengan tiket yang bisa dibeli lewat online," kata Fikri.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM