Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Masjid Sunda Kelapa, Tempat Prabowo-Sandi Shalat Jumat

Kompas.com - 10/08/2018, 15:50 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu masjid bersejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah Masjid Agung Sunda Kelapa. Masjid ini terletak di wilayah Menteng, Jakarta Pusat.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi masjid ini pun punya cerita menariknya. Berikut ini fakta-fakta dari Masjid Agung Sunda Kelapa yang dihimpun KompasTravel.

1. Berawal dari nama tamandi

Mulanya warga sekitar menginginkan ada pembangunan masjid. Kala itu pilihannya di Lapangan Persija, yang sekarang menjadi Taman Menteng dan di Gedung Bappenas.

Namun dua lokasi tersebut tidak memungkinkan, akhirnya dipilih Taman Sunda Kelapa. Dari nama taman itulah yang kemudian dipatenkan untuk nama masjid.


Bangunan Masjid Sunda Kelapa dilihat dari halaman depan. Masjid berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).Erwin Hutapea Bangunan Masjid Sunda Kelapa dilihat dari halaman depan. Masjid berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

2. Sejak tahun 1970 dan menampung 1.000 jemaah

Sekretaris Pengurus Masjid Sunda Kelapa H Mulyadi beberapa waktu lalu mengatakan pembangunan masjid dilakukan pada tahun 1970. Kemudian diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 31 Maret 1971. 

Selain itu juga masjid ini bisa menampung hingga 1.000 jemaah. Bahkan pada akhir bulan Ramadhan Jemaah semakin banyak mencapai 6.000 jemaah dan menempati lapangan futsal juga kantor pengelola.

Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno di Masjid Sunda Kelapa, Senin (16/10/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno di Masjid Sunda Kelapa, Senin (16/10/2017).

3. Seringkali dikunjungi para politikus

Perlu diketahui, Masjid Agung Sunda Kelapa ini juga kerap kali dikunjungi para politikus. 

Seringkali para politikus berkunjung kala pemilihan presiden hingga pemilihan gubernur untuk melakukan shalat fardu, shalat Jumat, doa bersama, hingga syukuran, 

Beberapa politikus yang pernah datang ke masjid ini kala pemilu diantaranya pasangan Jokowi – Jusuf Kalla tahun 2014, pasangan Prabowo – Hatta tahun 2014. 

Kemudian juga pada pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017, yakni pasangan Anies – Sandi dan Agus Harimurti Yudhoyono. 

Tahun 2018 ini, tepat sebelum melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum, pasangan calon capres dan cawapres Prabowo dan Sandiaga melakukan shalat Jumat di masjid ini. 

Suasana di bagian dalam tempat ibadah Masjid Sunda Kelapa, Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).Erwin Hutapea Suasana di bagian dalam tempat ibadah Masjid Sunda Kelapa, Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).
4. Di bulan Ramadhan bisa temukan ragam takjil

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com