Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pantai di Yogyakarta yang Cocok untuk Bawa Si Kecil dan Keluarga

Kompas.com - 29/05/2019, 04:01 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Yogyakarta memiliki deretan pantai-pantai yang bisa dipilih oleh wisatawan. Namun sayangnya, tak semua pantai di Yogyakarta ramah untuk wahana liburan bersama keluarga.

Beberapa pantai di Yogyakarta memiliki medan yang ekstrem seperti harus naik ke atas bukit, menyusuri lembah, atau menembus semak belukar sebelum sampai di pantainya.

Medan semacam ini, tentunya kurang cocok buat kamu kunjungi bersama si kecil atau keluarga. Berikut ini KompasTravel coba berikan rekomendasi pantai di Yogyakarta yang pas dijadikan pilihan wisata mudik bareng si kecil dan keluarga.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai favorit yang ada di Yogjakarta. Pantai ini menghadirkan pemandangan pasir vulkanik hitam yang berkilauan di bawah sinar matahari.

Pantai ini lokasi yang pas dijadikan pilihan wisata keluarga lantaran pantainya luas, cocok untuk bermain pasir bersama si kecil. Sepanjang pantai, pengunjung bisa menyewa tikar untuk duduk-duduk menikmati pemandangan lautan yang indah.

Pantai Parangtritis berlokasi di Kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta. Selain menikmati pantai, berada di Parangtritis, kamu bisa mampir ke area Gumuk Pasir yang ada di sebelah barat pantai

2. Pantai Baron

Ramainya Pantai BaronKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Ramainya Pantai Baron
Pantai Baron menyediakan fasilitas yang lengkap dari mulai kamar mandi sampai beragam pilihan kuliner. Tak hanya pantai, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai ini dengan naik ke atas bukit yang ada di samping pantai.

Terdapat aliran air yang membelah pasir pantai. Aliran air ini cenderung tenang dan kerap digunakan pengunjung untuk keceh. Meski bukan pantai berpasir putih, tetapi akses yang mudah membuat Pantai Baron tak pernah sepi pengunjung.

3. Pantai Kukup

Taman bunga celosia di kawasan Pantai Kukup, Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul.KOMPAS.com/ Luthfia Ayu Azanella Taman bunga celosia di kawasan Pantai Kukup, Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul.
Pantai Kukup berada tak jauh dari Pantai Baron. Keindahan Pantai Kukup terletak pada dua batu karang yang saling berhadapan, lantas di tengahnya membentang jembatan.

Di Seberang batu, berdiri sebuah gardu pandang yang jika diamati dari jauh, paduan jembatan dan gardu pandang ini sekilas mirip dengan wisata Ubud di Bali.

Meski pasirnya tidak terlalu lebar, tetapi pasirnya lebih terlihat lebih putih dibandingkan  Pantai Baron. Saat air surut, pengunjung bisa dengan mudah menemui berbagai jenis hewan laut seperti kerang-kerangan yang kerap terlihat di tepian pantai.

Kini di sebelah timur Pantai Kukup maupun Pantai Baron, kamu bisa pula menikmati keindahan taman bunga celosia. Dengan hanya membayar Rp 5.000, kamu bisa foto-foto sepuasnya

4. Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Pantai Indrayanti atau yang semula bernama Pantai Pulang Sawal, memiliki hamparan pasir putih yang luas. Berada di sini, kamu bisa bersantai-santai menyewa payung beserta tikar untuk menikmati kawasan pantai yang bersih.

Jika merasa lapar, kamu bisa memilih aneka ragam pilihan kuliner yang berjejer-jejer di tepian sepanjang kawasan pantai. Pantai ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Selain pemandangan yang elok, akses yang mudah, kamar mandi yang bersih dan banyak, serta lahan parkir yang luas menjadi alasan, kenapa pantai ini dipilih sebagai tempat untuk wisata keluarga saat mudik lebaran.

5. Pantai Sepanjang

Layang-layang di Pantai SepanjangKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Layang-layang di Pantai Sepanjang
Sesuai dengan namanya, Pantai Sepanjang memiliki kawasan pasir putih yang membentang panjang. Berada di Pantai sepanjang, pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas seperti mengadakan berbagai games, atau volley pantai.

Kamu bisa mencoba aktivitas yang lain seperti bisa bermain laying-layang yang banyak dijual di tempat ini, atau menggelar tikar dan menikmati olahan ikan goreng maupun meneguk segarnya kelapa muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com