Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Google 2023: Masyarakat Semakin Nyaman Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 21/06/2023, 21:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Indonesia merilis data terbaru mengenai Jakarta, dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-486 DKI Jakarta yang dirayakan setiap 22 Juni.

Datanya berupa penelusuran yang paling banyak dicari, serta trending di Google Search yang dicari masyarakat mengenai Jakarta, salah satunya dari bidang transportasi.

Baca juga:

Dari hasil survei setahun terakhir, diketahui bahwa masyarakat Jakarta mulai merasakan kenyamanan di dalam transportasi umum.

“Penelusuran seputar LRT dan TransJakarta masing-masing naik lebih dari 70 persen, sedangkan Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90 persen,” kata Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan lewat keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Jak Lingko banyak dicari

Angkot terintegrasi Jak Lingkowww.transjakarta.co.id Angkot terintegrasi Jak Lingko

Jak Lingko, moda transportasi umum jenis bus kecil (mikrotrans) yang dapat diakses masyarakat dengan tarif Rp 0, cukup menarik perhatian warga Jakarta.

“Pencarian cara beli kartu Jak Lingko mengalami peningkatan pesat (breakout) dalam setahun terakhir,” ujarnya.

Selain itu, kata Feliciana, pencarian “Jalur Jak Lingko” mengalami peningkatan lebih dari 110 persen selama setahun terakhir.

Baca juga:

Selain pencarian “Jalur Jak Lingko”, beberapa pencarian seputar transportasi umum juga mengalami peningkatan signifikan.

Pencarian tersebut, di antaranya pencarian dengan kata kunci “rute MRT jakarta 2023”, “rute lrt jabodebek 2023”, dan “rute transjakarta 2023”.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com