Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Mata di Sentra Batu Akik Jatinegara

Kompas.com - 14/07/2023, 18:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Jatinegara punya sejumlah spot menarik yang bisa dieksplorasi.

Salah satunya aktivitas menarik di sana asalah berburu batu akik dan barang mistis di sentra batu akik, tepatnya di Jakarta Gems Centre.

"Pedagang batu akik yang ada di Jakarta Gems Centre ini dulu hanya berjumlah 20 orang," kata pemandu wisata Jakarta Good Guide Ira saat kegiatan tur wisata Jatinegara, di Jakarta Gems Centre, Rabu (28/6/2023).

Baca juga:

Jakarta Gems Centre berada tepat berhadapan dengan pintu masuk Stasiun Jatinegara, yakni di Jalan Bekasi Barat, Rawa Bening, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Berburu batu akik dan barang mistis 

Beberapa waktu lalu Kompas.com sempat berkunjung ke Jakarta Gems Centre, lokasi yang kerap dikenal sebagai pusat batu akik dan tempat jual beli barang berbau mistis.

Di depan gedung Jakarta Gems Centre berdiri sebuah patung yang menjadi simbol pasar, yakni patung cincin batu akik berwarna emas. 

 Jakarta Gems Centre (JGC), Sentra Batu Akik di Rawa Bening, JakartaKOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Jakarta Gems Centre (JGC), Sentra Batu Akik di Rawa Bening, Jakarta

Bentuk gedungnya pun cukup unik, karena terdapat bagian-bagian menonjol layaknya batu akik warna warni yang menempel di dinding gedung.

Sehingga, setelah keluar dari pintu Stasiun Jatinegara, tidak akan sulit menemukan gedung ini.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Jatinegara, Bawa Uang Tunai

Area jual beli batu akik dan barang mistis di sini berada di lantai dua.

Saat masuk ke dalam area pasar, jajaran batu akik nampak warna warni berkilau terkena pantulan cahaya lampu.

Jenis batu akik yang dijual pun beragam, mulai batu akik yang masih mentah (belum dipoles), hingga batu akik yang sudah dipoles dan siap dipasang untuk menjadi aksesori.

Barang dagangan di pasar batu akik Jatinegara.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Barang dagangan di pasar batu akik Jatinegara.

Susuk dan barang mistis

Selain menjual batu akik, para pedagang di sini juga menjual aneka barang mistis. Beberapa di antaranya adalah susuk, bulu perindu, keris, jimat, dan lampu aladin yang dipercaya bisa menyimpan jin.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com peroleh di lokasi, harga barang mistis di sini beragam, serta ditentukan dari jumlah, bentuk, dan "isi" setiap barang.

Baca juga: 12 Tanaman Herbal yang Dapat Dibeli di Pasar Jatinegara Jakarta

Konteks "isi" di sini bermakna, apakah barang yang dibeli hanya sebatas barang fisik, atau sekaligus bersama dengan hal mistis yang diyakini punya kekuatan gaib.

Kompas.com sempat mampir ke lapak pedagang yang menjual susuk. Susuk dikemas di dalam sebuah botol kaca berukuran cukup kecil. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com