Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Tugu Yogyakarta Jadi Stasiun ke-2 Favorit WNA di Indonesia

Kompas.com - 30/07/2023, 12:01 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Tugu Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang dalam bepergian menggunakan kereta api (KA). 

Suasana dan lokasi stasiun ini sangat strategis karena berada di tengah kota dan dekat dengan tempat wisata, pusat kebudayaan dan sejarah, serta pusat belanja kawasan Malioboro.

Tidak hanya masyarakat Indonesia. Banyak juga Warga Negara Asing (WNA) yang naik turun dari atau di salah satu stasiun tertua di Indonesia ini.

Baca juga: 5 Beda Keraton Yogyakarta dan Solo, Berawal dari Perjanjian Jatisari

KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat, pada Semester I tahun 2023, sebanyak 35.450 WNA berangkat pergi menggunakan KA dari Stasiun Yogyakarta, dan 32.476 WNA yang turun atau datang.

"Ini menempatkan Stasiun Yogyakarta sebagai stasiun dengan keberangkatan dan tujuan favorit WNA kedua setelah Stasiun Gambir Jakarta," kata Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (30/7/2023).

Ia menambahkan bahwa Stasiun Yogyakarta memang memiliki layanan yang lengkap dan dapat mengakomodir semua kebutuhan masyarakat dalam bepergian.

Mulai dari KA Jarak Jauh, KA Commuterline, dan KA Bandara. Semua terintegrasi dan saling mendukung satu sama lain untuk mengantarkan masyarakat menuju tujuannya dengan nyaman.

Baca juga: 6 Fakta Tugu Yogyakarta, Pernah Runtuh akibat Gempa 

Belum lagi konektivitas dengan transportasi lain serta fasilitas yang lengkap semakin memanjakan para wisatawan termasuk turis asing selama bepergian menggunakan KA.

Daftar KA yang terbanyak membawa WNA di Stasiun Tugu

Selain stasiun, beberapa KA penumpang keberangkatan maupun melintas untuk Naik/Turun di Stasiun Yogyakarta juga menjadi favorit WNA pada semester I 2023 ini, diantaranya adalah:

Stasiun yogyakarta jadi stasiun ke 2 jadi favorit WNAIstimewa dok KAI Stasiun yogyakarta jadi stasiun ke 2 jadi favorit WNA

  1. KA Argo Wilis dengan 5.793 pelanggan WNA
  2. KA Sancaka dengan 4.603 pelanggan WNA
  3. KA Argo Dwipangga dengan 3.731 pelanggan WNA
  4. KA Ranggajati dengan 3.404 pelanggan WNA
  5. KA Sancaka Fakultatif dengan 2.920 pelanggan WNA
  6. KA Malabar dengan 2.697 pelanggan WNA
  7. KA Sri Tanjung dengan 2.697 pelanggan WNA
  8. KA Lodaya dengan 2.597 pelanggan WNA

"Tidak dapat dipungkiri memang Kota dan Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun asing karena keistimewaannya. Sehingga mobilisasi masyarakat pun sangat tinggi," sambung Franoto.

Baca juga: Museum Kereta Keraton Yogyakarta: Jam Buka dan Harga Tiket Terkini

Oleh karenanya, imbuh dia, Stasiun Yogyakarta juga akan terus berbenah dan ditingkatkan, baik pelayanan maupun fasilitasnya agar selalu siap menerima kunjungan orang-orang dari berbagai daerah maupun negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com