Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur Night Carnival 2023, Ada Kirab Budaya dan Bazar 40 UMKM

Kompas.com - 01/09/2023, 09:51 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Borobudur Night Carnival kembali digelar untuk menghidupkan kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan BNC 2023 terbagi menjadi dua, yakni kirab yang berlangsung pada Sabtu (2/9/2023) pukul 19.30 WIB, serta bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang digelar selama Jumat (1/9/2023) hingga Minggu (3/9/2023).

Kegiatan bazar turut diramaikan oleh 40 UMKM kerajinan dan kuliner, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 7 Penginapan Murah Dekat Candi Borobudur, Rp 100.000-an Per Malam 

Pada puncak acara akan diadakan karnaval budaya yang diikuti oleh 20 desa di Kecamatan Borobudur serta 10 instansi dan komunitas.

"BNC ini merupakan kegiatan tahunan dengan harapan menjadi event yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Mudah-mudahan ke depan menjadi event skala nasional," ujar Camat Borobudur, Subiyanto, seperti dikutip dari Antara, Jumat.

Ia menambahkan, akan ada sekitar 1.400 seniman di kegiatan BNC yang seluruhnya berasal dari Borobudur dan instansi, termasuk komunitas rias tingkat Kabupaten Magelang yang turut meramaikan.

Baca juga: Naik Candi Borobudur Dibatasi 400 Pengunjung Per Hari

Menghidupkan akomodasi di sekitar

Kegiatan BNC 2023 diharapkan ikut menghidupkan akomodasi di sekitar Candi Borobudur, sehingga banyak wisatawan akan menghinap dan menikmati atraksi lain di sekitar Borobudur.

Ia menyebutkan, ada beberapa kegiatan di Borobudur, termasuk atraksi tahunan seperti Borobudur Marathon dan BNC, kemudian kegiatan bulanan di Wanurejo yang bernama Jantra Budaya, serta kegiatan mingguan Borobudur Car Free Night.

"Dengan adanya sejumlah kegiatan tersebut merupakan jawaban pertanyaan ketika orang menginap di Borobudur mau lihat kegiatan yang ada harus ke mana," tuturnya.

Baca juga: Borobudur Tak Hanya Candi, Kekuatan Cerita Rakyat Juga Jadi Unggulan

Tahun ini, wisatawan yang ingin mengunjungi BNC dapat memilih tiket berbayar jika ingin menyaksikan dari panggung VIP, yakni Rp 100.000. Harga tersebut sudah termasuk suvenir dari panitia.

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kirab budaya, titik kumpulnya dimulai dari Lapangan Kujon, kemudian kirab dimulai 100 meter sebelum panggung VIP di depan Kecamatan Borobudur, lalu menuju Pertigaan Pos Polpar, dan selesai di Terminal Borobudur.

@kompastravel Kaws: Holiday ini singgah dari tanggal 19-31 Agustus 2023 guys. Kamu bisa berkunjung Pk. 08.00-17.00.. Untuk mampir ke sini, kita harus beli tiket masuk Candi Prambanan Rp. 50.000, kalau anak-anak Rp. 25.000. Yuk, mampir ke sini! #kaws #kawsholiday #kawsexhibition #candiprambanan #candiprambananyogyakarta #prambanantemple ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com