Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Transportasi di Penang, Bisa Naik Bus Gratis di George Town

Kompas.com - 07/09/2023, 14:28 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Pusat Kota Penang termasuk wilayah yang cukup kecil untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, terutama di George Town dan sekitarnya.

Meskipun begitu, wisatawan juga bisa memilih naik transportasi untuk menghemat waktu menjelajahi berbagai tempat wisata.

"Kalau mau melihat keindahan alam yang masih asri, bisa datang ke Penang Hill, tapi kalau mau lihat situs bersejarah, bisa mampir ke Georga Town," kata Chief Executive Officer Penang Global Tourism Ooi Chok Yan kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: 5 Festival di Penang Jelang Akhir 2023, Ada Maraton

Berikut beberapa opsi transportasi yang bisa ditumpangi untuk menelurusi kawasan Penang berdasarkan buku panduan wisata dari Penang Global Tourism.

Opsi transportasi di Penang

1. Taksi

Taksi bisa jadi opsi transportasi yang bisa ditumpangi oleh wisatawan untuk mengelilingi Penang. Biasanya, taksi mudah dijumpai di sekitar pulau.

Sebelum naik taksi, pastikan wisatawan menyetujui harga sewa terlebih dahulu dengan sang supir.

Wisatawan bisa mulai bertanya seperti berapa tarif untuk sampai ke tempat tujuan. Jika tarif yang disebutkan dirasa terlalu tinggi, wisatawan dapat menawar tarif tersebut.

Baca juga: Wisatawan Asal Indonesia Terbanyak Kunjungi Penang Lewat Jalur Udara hingga Juli 2023

Tarif rata-rata taksi dari George Town menuju Bandara Internasional Penang yakni sekitar 45 ringgit malaysia atau sekitar Rp 147.000 an.

Sementara tarif rata-rata taksi dari George Town menuju Bukit Bendera atau Kek Lok Si sekitar 30 ringgit malaysia atau sekitar Rp 98.000 an.

2. Bus 

Bus yang disediakan oleh Rapid Penang mencakup area yang cukup luas. Baik di pulau maupun di daratan utama.

Selain itu, ada juga bus Central Area Transit (CAT), yaitu bus gratis di area George Town.

Wisatawan bisa mengakses bus yang melintasi seluruh Pulau Penang dan Seberang Perai di Penang Sentral.

Baca juga: 5 Daya Tarik Wisata di Penang untuk Gaet Wisatawan Indonesia

Rapid Penang, opsi transportasi umum di Penang. Dok. Shutterstock/GingChen Rapid Penang, opsi transportasi umum di Penang.

Selain naik bus gratis, wisatawan perlu memberitahu lokasi tujuan dan membayar tarif bus sesuai dengan tarif yang berlaku di sana.

Jika hendak naik bus di Penang, wisatawan perlu mempersiapkan uang tunai dengan nominal yang pas. Hal ini karena semua bus tidak membawa uang kembalian demi alasan keselamatan.

3. Transportasi online

Di Penang juga tersedia transportasi online seperti halnya di Indonesia. Wisatawan cuma perlu mengunduh aplikasi transportasi online yang tersedia di Penang, seperti Grab dan AirAsia Ride. 

Pembayaran untuk layanan transportasi online di Penang bisa dilakukan menggunakan uang tunai ataupun kartu kredit.

Baca juga: 5 Tempat Beli Oleh-oleh di Penang Malaysia

@kompastravel Pengen trip ke Bromo tapi males ribet? Aku sempat nyobain trip yang disediakan sama hotel Atria Malang, nih. Ada dua opsi, paket Open Trip Rp. 1,5 juta/malam dan paket Private Trip Rp 2,5 juta/malam. Harga ini sudah termasuk kamar untuk kamu istirahat dan explore Bromo untuk dua orang loh.. Oiya, kalau kamu mau naik ke Kawah Gunung Bromo, ada dua cara. Bisa dengan jalan kaki atau naik kuda guys. Kalau berkuda, range harganya sekitar 250.000-300.000 (PP). Bisa juga kok kalau kalau kamu ke atasnya naik kuda, tapi turunnya jalan kaki. Jadi, bisa menyesuaikan kebutuhan.. Selamat menjelajahi Gunung Bromo! #bromomountain #bromotravel #wisatamalang #exploremalang #malanghits ? Paradise - TELL YOUR STORY music by Ikson™

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com