Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2023, 11:20 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, banyak delegasi KTT ke-43 ASEAN yang ingin memperpanjang waktu kunjungan (extend) ke Bali. 

Selain itu, ada pula yang berkeinginan untuk memperpanjang waktu kunjungan untuk mampir ke Labuan Bajo.

"Sebagian dari delegasi juga ada yang memperpanjang masa tinggal ke Bali dan Labuan Bajo. Kemarin saya ada bicara dengan Klaus Schwab dari World Economic Forum, dia ada rencana ke Labuan Bajo," ujar Sandiaga saat berkunjung ke Media Center KTT ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).

Baca juga:

Side event dan post event trip di berbagai destinasi wisata di Indonesia diharapkannya dapat memperlama masa tinggal para delegasi KTT ASEAN sehingga tidak hanya mengunjungi Jakarta.

Lebih lanjut, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan sudah mencoba mengarahkan para delegasi untuk memperpanjang masa kunjungannya dengan mampir ke lima Destinasi Super Prioritas (DSP). Namun, kebanyakan delegasi ingin datang ke Bali.

"Sudah kami arahkan ke lima destinasi super prioritas, tapi semua rata-rata ingin ke Bali. Tapi nanti selain ke Bali, juga bisa ke Labuan Bajo, Borobudur, Lombok, atau kalau lebih jauh lagi ke Danau Toba dan Likupang," pungkasnya.

Peserta KTT ke-43 ASEAN

Sebagai informasi, terdapat 22 negara yang hadir dalam rangkaian KTT ke-43 ASEAN. Sebelas di antaranya adalah negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara mitra wicara ASEAN yang akan hadir, yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat, dilansir dari Kompas.com (3/9/2023). 

Baca juga: Selama KTT ASEAN, Sejumlah Stasiun MRT Akan Diramaikan Produk UMKM

Selain itu, ada dua negara undangan, yakni Bangladesh dan Kepulauan Cook. Bangladesh diundang dalam kapasitasnya sebagai ketua Indian Ocean Rim Association (IORA). Sedangkan Kepulauan Cook sebagai ketua Pacific Islands Forum (PIF).

@kompastravel Wajah baru TMII akhirnya diresmikan oleh Pak Jokowi! Wah, ini bagus banget sih air mancur menarinya! Bukan air mancur menari biasa, namanya Tirta Cerita, yang menyuguhkan pertunjukan dongeng dengan water screen dan light drone yang indah banget di langit. Bener-bener ga sabar nungguin jadwal kapan air mancur ini ada lagi! Semalam kamu ikutan nonton air mancur ini juga nggak nih?? Ceritain dong wajah baru TMII menurut kamu seperti apa! #tmiijakarta #wajahbarutmii #explorejakarta #jakartahits #jakartaviral ? original sound - Travel Kompascom
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com