Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT ASEAN 2023, Sejumlah Hotel di Jakarta Penuh Dipesan

Kompas.com - 06/09/2023, 22:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN tengah digelar dari Selasa (5/9/2023) sampai Kamis (7/9/2023) di Jakarta.

Perhelatan negara-negara di Asia Tenggara ini dinilai memberi dampak positif untuk hotel-hotel di Ibu Kota yang diinapi oleh para delegasi dari sedikitnya 22 negara. 

Baca juga:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa selama agenda internasional ini, sebagian besar hotel yang diinapi delegasi sudah penuh.

"Hotel di sekitar Senayan ini habis terpesan," ujarnya saat wawancara dengan media di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023) sore. 

Suasana pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Kamala Harris di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/2023).Dokumentasi/Agus Suparto Suasana pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Kamala Harris di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9/2023).

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono. Ia mengatakan, hotel-hotel di sekitar area MH Thamrin dan Sudirman hampir penuh. 

"Daerah sekitar situ banyak yang full booked (penuh dipesan), terutama hotel-bintang bintang 4-5. Karena jumlah delegasi yang official, delegasi senior, kru-kru yang lain cukup banyak," jelas Iwantono saat dihubungi Kompas.com, Rabu. 

Baca juga:

Ia mencatat tingkat okupansi hotel-hotel sekitar lokasi penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN sudah hampir 100 persen.

"Angkanya macam-macam dari tiap hotel ya. Tapi kalau full booked ya mendekati 100 persen, tapi angka pastinya kami tidak ada," imbuh dia.

Baca juga: Menparekraf: ASEAN Harus Perkuat Interkonektivitas

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com