Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: ASEAN Harus Perkuat Interkonektivitas

Kompas.com - 05/09/2023, 21:48 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, negara-negara di ASEAN harus dapat memperkuat kerja sama, khususnya dalam membangun interkonektivitas yang baik.

Pada ajang ASEAN Tourism Forum di Yogyakarta awal tahun 2022, telah dicetuskan program ASEAN Single Destination. Program ini diharapkan terus dioptimalkan oleh negara-negara ASEAN dengan memperkuat konektivitas antarnegara.

Baca juga:

"Saya baru pulang dari Belitung dan belum ada penerbangan langsung (internasional) ke Belitung," kata Menparekraf dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (5/9/2023).

"Itu harus ditingkatkan, Labuan Bajo harus juga kita hubungkan dengan Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, ini dalam dua tiga bulan ke depan akan kita tambah jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata dia, konsep ASEAN Single Destination harus didukung oleh interkonektivitas dari segi penerbangan udara dan juga lebih banyak feri yang menghubungkan Kepulauan Riau dengan Singapura dan Malaysia. 

Baca juga:

Ia menyampaikan, komunitas bisnis, pemerintah, serta seluruh pemangku kepentingan harus berkolaborasi penuh, khususnya dalam penguatan rantai pasok.

Sandiaga juga menekankan pentingnya mengintegrasikan perekonomian dengan berbagai isu global yang berkembang. Termasuk tentang penguatan secara digital dan sisi keberlanjutan.

"Kami menyebutnya ekonomi hijau. Kita harus percaya bahwa jika kita bekerja sama, ASEAN tidak hanya akan menjadi episentrum pertumbuhan tetapi juga kawasan nomor satu dalam investasi karena perekonomian di ASEAN sedang berkembang sangat pesat," terangnya.

Alam dan budaya jadi kekuatan utama ASEAN

Ilustrasi Thailand - Pemandangan di James Bond Island yang terletak di Phang Nga, Phuket, Thailand.SHUTTERSTOCK / By Day2505 Ilustrasi Thailand - Pemandangan di James Bond Island yang terletak di Phang Nga, Phuket, Thailand.

Lebih lanjut, Menparekraf mengatakan, negara-negara ASEAN harus dapat memaksimalkan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Seperti keindahan alam, keragaman budaya, dan keramahan masyarakat sebagai kekuatan utama sektor pariwisata di tengah situasi ketidakpastian ekonomi global.

"Ini adalah sesuatu yang belum banyak dimaksimalkan, kita belum cukup memperhatikan dengan baik kekuatan ini," ujarnya.

Baca juga: Delegasi KTT ASEAN Akan Berwisata di Jakarta, Salah Satunya ke Pulau Seribu

Menurutnya, keindahan alam juga keragaman budaya di negara-negara ASEAN telah banyak diakui dunia internasional, misalnya di Bali, Phuket, dan Cebu

"Kita perlu bekerja sesuai dengan kekuatan dan ketahanan yang kita miliki," pungkas Sandiaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com