Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamu KTT ASEAN 2023 Disambut Tari Geol Manis dan Walijamaliha, Apa Maknanya?

Kompas.com - 05/09/2023, 11:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - DKI Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023. Forum kawasan Asia Tenggara tersebut bakal digelar pada 5-7 September 2023.

Baca juga:

Sejumlah kepala negara telah tiba di Indonesia sejak Senin (4/9/2023) kemarin. Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno turut menyambut kedatangan pemimpin negara ASEAN tersebut di Bandara Soekarno–Hatta, Cengkareng, Banten.

“Selamat datang di Wonderful Indonesia," ucap Sandiaga kepada para kepala negara ASEAN, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (5/9/2023).

Kepala negara yang disambut oleh Sandiaga yakni Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh dan Perdana Menteri Kamboja, Hun Manet. Kedatangan para pemimpin negara tersebut juga disambut dengan tari tradisional.

Tari Geol Manis

Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh tiba di Bandara Soekarno?Hatta untuk mengikuti rangkaian KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Kedatangan Pham Minh Chinh disambut Tari Geol Manis khas Betawi
Dok. Kemenparekraf Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh tiba di Bandara Soekarno?Hatta untuk mengikuti rangkaian KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Kedatangan Pham Minh Chinh disambut Tari Geol Manis khas Betawi

Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh yang tiba pukul 10.30 WIB disambut oleh Tari Geol Manis khas Betawi. Saat turun dari pesawat, Perdana Menteri Vietnam itu dikalungi selendang bermotif ondel-ondel yang merupakan salah satu ikon Jakarta.

Makna Tari Geol Manis asal Betawi adalah menampilkan kebahagiaan dari tuan rumah atas kedatangan para tamu yang berkunjung. Tarian tradisional ini, dibawakan oleh sekelompok penari wanita yang mengenakan busana tradisional Betawi berwarna-warni.

Gerakan dalam tarian ini mencerminkan keanggunan dan keindahan budaya Betawi.

Baca juga:

Melansir dari Gramedia.com, Tari Geol Manis juga dikenal sebagai Tari Renggong Manis. Seni tari ini merupakan hasil dari persilangan beberapa budaya, yakni Betawi, Arab, India, dan China klasik.

Persilangan budaya terjadi lantaraan letak Jakarta, yang tepat berada di Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai gerbang masuk wilayah Indonesia di masa lalu. Pertunjukan tari khas Betawi yang satu ini dilakukan untuk menyambut tamu di acara-acara resmi.

Biasanya, Tari Renggong Manis  diiringi dengan musik Gambang Kromong yang didominasi suara rebab dua dawai. Sementara kostumnya, memiliki warna dan motif kain yang lebih mencolok karena terpengaruh oleh budaya China.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com