Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Malang Ditargetkan Capai 80 Persen

Kompas.com - 21/11/2023, 17:02 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang menargetkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 meningkat, seiring dengan banyaknya kunjungan wisatawan.

Ditargetkan, angka okupansi bisa mencapai 80-90 persen. Adapun pada November 2023, okupansi masih berada di angka 50 persen.

"Harapan kami okupansi akhir tahun bisa penuh. Inginnya seperti itu, 80-90 persen. Untuk saat ini, 50 persen itu juga termasuk baik pada November, itu masih bisa cover, karena sebelum-sebelumnya (okupansi) juga bagus," ucap Ketua PHRI Kota Malang Agoes Basoeki di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (21/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Ia optimistis target tersebut bisa tercapai karena berkaca pada capaian okupansi pada tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya, lanjut Agoes, kenaikan okupansi baru terlihat pada pertengahan Desember.

Namun, menjelang tahun politik, ia memperkirakan akan ada tantangan tersendiri. Meskipun, sektor perhotelan dan pariwisata akan ikut terdampak dengan banyaknya kegiatan politik pada periode tersebut.

"Kalau untuk tahun ini akan berbeda, karena ada nuansa kegiatan politik yang berpengaruh. Pengaruhnya mungkin ke kegiatan wisata," kata dia.

ilustrasi hotel. Perhotelan dan pariwisata diprediksi bakal ikut terpengaruh dengan banyaknya kegiatan kampanye pemilihan umum jelang akhir tahun.FREEPIK/LIFESTYLEMEMORY ilustrasi hotel. Perhotelan dan pariwisata diprediksi bakal ikut terpengaruh dengan banyaknya kegiatan kampanye pemilihan umum jelang akhir tahun.

Para pelaku sektor perhotelan berharap tingkat okupansi akan tetap dalam kondisi baik, mengingat banyaknya kegiatan politik dapat dijadikan peluang untuk mendatangkan lebih banyak tamu.

"Hotel itu biasanya bisa memanfaatkan peluang tersebut. Tergantung kepandaian, kejelian dari masing-masing hotel untuk bisa memanfaatkan peluang nuansa politik ini," ujar Agoes.

Baca juga:

Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang hingga September 2023 mencapai 1,9 juta kunjungan.

Dari jumlah tersebut tersebut, ada sebanyak 37.400 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

@kompastravel Mau cari tempat escape yang jauh dari Ibu Kota tapi cuman punya waktu satu hari? Coba deh ke Pulau Merak Kecil… Pulaunya tidak terlalu besar dan punya view yang bagus! Pulaunya bisa diexplore dalam waktu singkat.. Cuman butuh Rp. 50.000-an aja loh.. Ini nih rinciannya: Stasiun Tanah Abang- Stasiun Rangkabitung: Rp. 8.000 Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Merak: Rp. 3.000 Stasiun Merak-Penyeberangan: Rp. 5.000 (naik angkutan kota) Penyebrangan ke Pulau Merak Kecil: Rp 7.500 Tunggu full review-nya yaa guys! #pulaumerak #shortescape #explorebanten #bantenhits #wisatabanten ? Aduh - MALIQ & D'Essentials
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com