Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Natal dan Tahun Baru, Hindari Tanggal Berikut

Kompas.com - 23/11/2023, 18:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan pada puncak mudik dan arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 demi menghindari kepadatan arus lalu lintas.

Adapun puncak arus mudik diprediksi terjadi dua kali, yakni Jumat 22 Desember 2023 dan Jumat 29 Desember 2023.

Baca juga: Libur Tahun Baru 2024, Taman Safari Bogor Akan Gelar Hutan Menyala

Sementara prediksi arus balik terjadi pada Selasa 26 Desember 2023 dan Senin 1 Januari 2024.

"Mengimbau masyarakat agar merencanakan dengan baik perjalanannya dan menghindari puncak arus mudik dan balik," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Kamis (23/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, menghindari kepadatan selama perjalanan, masyarakat juga diimbau untuk memanfaatkan transportasi publik atau mengikuti program mudik gratis.

Kemenhub juga mengimbau bagi masyarakat yang bepergian selama periode libur Natal dan tahun baru 2024 menggunakan kendaraan pribadi untuk senantiasa mengutamakan keselamatan saat berkendara.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi Picu 107,63 Juta Pergerakan Masyarakat

Misalnya, bagi pengendara roda empat yang menggunakan jalan tol diingatkan untuk tidak memaksakan diri jika lelah dan memanfaatkan fasilitas rest area dan tidak berhenti di bahu jalan.

Jika rest area penuh, pengendara bisa terlebih dahulu keluar dari tol untuk beristirahat.

Secara umum, masyarakat yang akan bepergian diimbau terus mengikuti informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol ataupun kepolisian.

"Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan, sehingga dapat mengantisipasi kemacetan," ucapnya.

Baca juga: Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan, Ini Caranya

Adapun titik krusial penanganan arus pergerakan masyarakat salah satunya berada di Jalur Trans Jawa.

Untuk itu, Kemenhub bersama Korlantas Polri akan melakukan survei kesiapan Natal dan tahun baru, kemudian dilanjutkan dengan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

"Untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik, seperti misalnya manajemen rekayasa lalu lintas baik di jalan tol maupun non tol, pengendalian pasar tumpah, optimalisasi rest area di jalan tol dan jembatan timbang sebagai tempat istirahat, dan lain sebagainya," ucap dia.

@kompastravel Sekitar 6 menit dari Stasiun Cikini ada tempat nyantai se-PW ini? Tempatnya estetik, lega, dan cozy. Cocok banget yang mau rehat, nugas, atau bahkan work from public library.. Ini Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, guys! Buka setiap: Senin-Kamis jam 09.00-17.00 WIB. Jumat-Minggu jam 09.00-20.00 WIB. Kalau ke sini harus daftar online dulu di perpustakaan.jakarta.go.id. Nanti akan ada barcode untuk kamu scan di bagian layanan dan informasi.. Save dulu aja informasi inii… #perpustakaanjakarta #cikini #jakartahits #wisatajakarta #explorejakarta ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com