Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata untuk Rayakan Tahun Baru 2024 di Jakarta

Kompas.com - 05/12/2023, 18:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam pergantian tahun di Jakarta bisa dirayakan dengan mengajak teman, pasangan, ataupun keluarga ke sejumlah tempat wisata populer. 

Biasanya perayaan malam tahun baru di Ibu Kota dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari panggung musik hingga kembang api. Berikut sejumlah tempat wisata  di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk merayakan tahun baru 2024.

Baca juga:

Tempat wisata untuk tahun baruan di Jakarta

1. Bundaran HI

Pemandangan dan spot foto di anjungan halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi, Minggu (16/10/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandangan dan spot foto di anjungan halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi, Minggu (16/10/2022).

Area Bundaran HI, Jakarta Pusat, termasuk spot utama yang biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat saat malam tahun baru, terutama di sekitar Monumen Selamat Datang.

Pada momen pergantian tahun 2023 lalu, di Bundaran HI terdapat panggung hiburan dan atraksi kembang api saat momen hitung mundur.

Jika hendak menuju kawasan Bundaran HI, masyarakat bisa menumpang transportasi umum Transjakarta menuju Halte Bundaran HI ataupun Halte Tosari. Selain itu bisa juga menumpangi Moda Raya Terpadu (MRT) menuju Stasiun MRT Bundaran HI.

Perlu diketahui, jelang malam pergantian tahun, biasanya akses kendaraan pribadi di sekitar Bundaran HI akan ditutup dan jalanan akan dibuka untuk pejalan kaki.

Maka dari itu, masyarakat yang bertolak ke Bundaran HI saat tahun baruan menggunakan kendaraan pribadi, usahakan tiba di lokasi sebelum malam.

Baca juga: 9 Promo Hotel Bintang 5 di Jakarta untuk Tahun Baruan

2. Sarinah

Suasana depan Gedung Sarinah, jelang malam tahun baru 2023.KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Suasana depan Gedung Sarinah, jelang malam tahun baru 2023.

Sekitar 1,6 kilometer dari Bundaran HI, tempat wisata berikutnya yang bisa dikunjungi yaitu gedung Sarinah.

Gedung Sarinah beralamat Jalan MH. Thamrin, Nomor 11, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Pada malam pergantian tahun 2023 lalu, di depan gedung Sarinah digelar pertunjukan musik gratis untuk pengunjung.

Tidak hanya itu, di sepanjang jalan dari Thamrin menuju Sudirman pun kerap ramai oleh masyarakat yang berjalan kaki menuju Bundaran HI.

Jika hendak malam tahun baruan di Sarinah, kamu bisa menumpangi bus Transjakarta dan turun di Halte MH Thamrin.

Baca juga: Suasana Thamrin-Sudirman Jelang Malam Tahun Baru 2023

3. Kota Tua

Wisatawan bersepeda di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Senin (24/4/2023). Pada H+2 Hari Raya Idul Fitri kawasan cagar budaya yang dibangun pada abad-17 oleh pemerintah kolonial Belanda tersebut dipadati wisatawan dari Jakarta maupun daerah-daerah lain di sekitarnya.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Wisatawan bersepeda di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Senin (24/4/2023). Pada H+2 Hari Raya Idul Fitri kawasan cagar budaya yang dibangun pada abad-17 oleh pemerintah kolonial Belanda tersebut dipadati wisatawan dari Jakarta maupun daerah-daerah lain di sekitarnya.

Kawasan Kota Tua bisa jadi salah satu opsi tempat wisata untuk merayakan pergantian tahun di Jakarta. Lokasinya ada di area Taman Fatahillah, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Posisi pusat keramaian di area Kota Tua bisa dijumpai di halaman Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta. Di lokasi itu, terdapat beberapa museum bersejarah yang bisa dikunjungi pada siang hari.

Sementara itu, pada sore jelang malam, area kuliner dan pertokoan yang ada menarik untuk disambangi sembari menunggu malam pergantian tahun.

Kawasan Kota Tua bisa dijangkau dengan menumpangi transportasi umum KRL Commuter Line dan Transjakarta.

Adapun Stasiun KRL terdekat dari Kota Tua yaitu Stasiun Jakarta Kota, sedangkan halte bus Transjakarta terdekat yaitu Halte Kota.

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru 2023, Thamrin-Sudirman Ramai Pengunjung

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com