Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kembar Terpadu di Kebumen, Tempat Wisata Edukasi Konservasi Penyu Tanpa Biaya Masuk

Kompas.com - 06/05/2024, 09:15 WIB
Bayu Apriliano,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com- Kabupaten Kebumen memiliki beragam tempat wisata pantai yang bisa menjadi salah satu referensi untuk mengisi libur akhir pekan maupun sekadar mengisi waktu luang.

Salah satunya di Pantai Kembar Terpadu. Selain menawarkan keindahan alam, pengunjung juga bisa belajar tentang Konservasi Penyu. Pantai ini terletak di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kebumen Jawa Tengah.

Ketua Konservasi Penyu Pantai Kembar Terpadu Muji Arisno (45) mengatakan, wisatawan akan dibuat kagum dengan berbagai jenis penyu yang ditangkarkan sebagai sarana penelitian dan edukasi.

Baca juga: Main sama Penyu Sambil Belajar di Kali Ratu

Banyak wisatawan bertanya seperti apa proses penyelamatan penyu, setelah menetas, dan dilepasliarkan ke alam.

"Di Pantai Kembar merupakan konservasi penyu berbasis ekonomi masyarakat, kita ingin menyejahterakan masyarakat dengan adanya konservasi," kata Muji, Senin (6/5/2024).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Dengan tempat konservasi ini, pihaknya ingin mengedukasi semua masyarakat, khususnya di Kebumen agar banyak orang makin tahu seputar penyu yang dilindungi.

"Karena pentingnya fungsi penyu untuk melindungi alam, maka kita lakukan konservasi. Maka di Pantai Kembar ini kan tidak ada tiket masuk, tidak ada parkir. Adanya jasa penataan kendaraan seikhlasnya," tambah Muji.

Penyu di Pantai Kembar Terpadu

Di tempat konservasi ini, ada tiga jenis penyu yang ditangkarkan yakni penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang. Pengunjung bisa melihat secara langsung tempat penetasan penyu, dan juga penyu penyu yang baru menetas atau disebut dengan tukik.

Guna menarik semakin banyak pengunjung agar mau belajar tentang kelestarian lingkungan terutama penyu, pengelola tidak mengenakan biaya masuk ataupun tarif.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan Kura-kura dan Penyu

Wisatawan yang datang hanya perlu membayar seikhlasnya, untuk membantu biaya operasional konservasi penyu.

Perbedaan penyu dan kura-kura.Unsplash/Randall Ruiz Perbedaan penyu dan kura-kura.

Hal ini dilakukan bertujuan agar makin banyak yang berkunjung dan teredukasi. Hingga pada akhirnya warga Kebumen semua paham tentang berapa pentingnya alam, terutama di penyu untuk kelestarian lingkungan.

Semenetara itu Gino salah satu pengunjung mengaku senang dengan adanya konservasi penyu di Pantai Kembar ini. Menurutnya selain dapat menjadi sarana edukasi, Pantai Kembar juga dapat menjadi tempat wisata yang bagus di Kebumen.

Baca juga: Mengapa Kura-kura dan Penyu Berumur Panjang?

"Sangat bagus karena dapat mengedukasi dari para pengunjung yang kedua bisa pemberdayaan alam yang mana pada akhir akhir ini saya rasa jarang sekali untuk pemberdayaan alam sekitar, tadi kesini sama cucu dan sama istri," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com