Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Nisar di Manggarai Barat, Lihat Penyu hingga Indahnya Sunset

Kompas.com - 16/07/2023, 20:08 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Selain Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai, Nisar.

Pantai Nisar ini terletak di Desa Nanga Bere, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat. Pantai ini berpasir kehitam-hitaman. Uniknya pantai ini bisa berubah-ubah tergantung musim.

"Kalau musim tenggara, pantai ini tidak ada pasir. Yang ada kerikil kecil memenuhi pantai Nisar. Jadi cocok untuk bersantai pagi dan sore hari," tutur Fadil warga Desa Nanga Bere kepada Kompas.com di pantai Nisar, Sabtu (15/7/2023).

Baca juga: Indahnya Perbukitan Utara Manggarai Barat NTT, Bertabur Sunrise dan Sunset

Sore hari, lanjut dia, pantai Nisar menjadi spot untuk berolahraga dan berburu sunset. Beberapa wisatawan yang pernah datang begitu terpersona dengan keindahan sunset di Pantai Nisar.

"Ya, sore hari kita bisa duduk santai di pantai sembari ngopi. Pemandangan indah juga diperoleh saat para nelayan mengayuh sampan," kata Fadil.

Berwisata sembari melihat penyu

Fadil mengatakan, di Pantai Nisar sering ditemukan hewan langka yang dilindungi, yakni penyu. Hewan langka itu seringkali terdampar di pantai Nisar. Berawal dari itu, warga pun berinisiatif membangun penangkaran penyu di dekat Pantai Nisar.

"Di sini ada namanya tim kelompok masyarakat desa pengawas (Poskaswas). Kelompok ini bertugas memonitoring penyu di Pantai Nisar," ungkap Fadil.

Baca juga: Desa Wisata Komodo dan Coal di Manggarai Barat, NTT Masuk 500 Besar Nominasi ADWI 2023

Ia menceritakan, kelompok masyarakat selalu memantau jejak kaki penyu saat datang dari laut ke sarangnya untuk bertelur. Telur yang ditemukan di sarang dipindahkan ke tempat penangkaran Penyu.

"Ini dilakukan agar telur penyu tidak diambil oleh warga untuk dikonsumsi. Jadi kita pindahhkan telurnya ke penangkaran hingga menetas. Kalau sudah menetas, baru kita jadwalkan untuk dilepaskan ke laut," ungkap Fadil.

Aktivitas pelepasan tukik di Desa Wisata Kelawi, Kabupaten Lampung Selatan. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Aktivitas pelepasan tukik di Desa Wisata Kelawi, Kabupaten Lampung Selatan.

Ia menyebut, kelompok masyarakat desa pengawas melakukan aktivitas monitoring penyu sejak tahun 2017 silam. Sedari itu hingga kini, sudah ratusan tukik yang berhasil dilepaskan dari penangkaran ke laut.

"Saat ini kita sudah ada rumah pelestarian penyu. Tempat ini akan menjadi pusat pelestarian dan edukasi penyu bagi masyarakat," ujar dia.

Baca juga: Pantai Teluk Penyu Cilacap: Aktivitas, Tiket Masuk, dan Fasilitas

Ia menambahkan, saat ini, pihaknya tengah mendesain pelestarian penyu sebagai atraksi wisata yang menarik, sehingga bisa berdampak bagi ekonomi masyarakat dan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com