Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kota Terbaik di Dunia Menurut Indeks Keberlanjutan Destinasi Global

Kompas.com - 28/05/2024, 09:09 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Upaya menjaga kenaikan suhu bumi di bawah 1,5 derajat Celcius makin mendesak. Para ahli memperingatkan tentang konsekuensi yang mengerikan jika target tersebut tidak tercapai. 

Untuk itu, penerapan solusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan rendah karbon menjadi kuncinya. 

Dalam hal ini, beberapa kota telah terbukti lebih baik dalam menjalankan komitmen keberlanjutan dibandingkan dengan kota lainnya.

Baca juga: Menanam Pohon di Tempat yang Salah Bisa Meningkatkan Pemanasan Global

Berikut adalah lima kota yang termasuk di antara yang terbaik menurut Indeks Keberlanjutan Destinasi Global, mengutip dari BBC, Selasa (28/05/2024)

1. Gothenburg, Swedia

Kota terbesar kedua di Swedia ini telah menduduki peringkat teratas dalam Indeks Keberlanjutan Destinasi Global setiap tahun sejak 2016-2021. 

Ilustrasi Gothenburg, SwediaDok.commons.wikimedia.org/Carsten Wiehe Ilustrasi Gothenburg, Swedia

Gothenburg juga dinobatkan oleh Lonely Planet sebagai kota berkelanjutan terbaik di dunia pada tahun 2021. 

Dengan komitmen kuat terhadap keberlanjutan, sekitar 95 persen transportasi umum di kota ini menggunakan energi terbarukan, seperti bus listrik. Tidak hanya itu, sekitar sembilan dari 10 kamar hotelnya bersertifikat ramah lingkungan.

2. Oslo, Norwegia

Oslo, ibu kota Norwegia, menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. Dengan ketergantungan ekonomi Norwegia pada minyak dan gas, kota ini secara rutin mendapatkan nilai tertinggi untuk komitmen keberlanjutannya. 

Vigeland Sculpture Park di OsloDok.www.visitoslo.com Vigeland Sculpture Park di Oslo

Dalam hal transportasi saja, Oslo memiliki 270 stasiun sepeda kota, 5.000 stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dan telah memperkenalkan skuter listrik. Sebagian besar wilayah kota ini adalah hutan, mencapai 63 persen dari total wilayah.

3. Glasgow, Skotlandia

Glasgow menduduki peringkat tertinggi di antara kota-kota lain di Inggris dalam Indeks Keberlanjutan Destinasi Global. 

Pemandangan pemukiman di Glasgow, SkotlandiaDok.www.visitscotland.com Pemandangan pemukiman di Glasgow, Skotlandia

Langkah-langkah yang diambil untuk menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dapat dilihat dari pemberlakuan zona rendah emisi.

Selain itu, ada pembangunan stasiun pengisian daya kendaraan listrik, penambahan lampu jalan LED "pintar", dan memiliki lebih dari 90 taman secara keseluruhan.

4. Bordeaux, Prancis

Selain dikenal karena arsitekturnya yang menakjubkan dan minuman anggurnya yang nikmat, Bordeaux juga merupakan destinasi berkelanjutan dengan peringkat tertinggi ketiga di TripAdvisor. 

Konsultan arsitektur asal Inggris, Brisac Gonzalez Architects mengajukan proposal berupa desain kompleks hunian terintegrasi di atas bangunan parkir hijau di Bordeaux, Pranciswww.designboom.com Konsultan arsitektur asal Inggris, Brisac Gonzalez Architects mengajukan proposal berupa desain kompleks hunian terintegrasi di atas bangunan parkir hijau di Bordeaux, Prancis

Sekitar tiga perempat kebun anggur Bordeaux dan sepertiga perusahaan pariwisatanya telah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan.

Bahkan Festival Anggur Bordeaux ikut berusaha mengurangi jejak karbonnya dengan berbagai inisiatif.

5. Goyang, Korea Selatan

Goyang menduduki peringkat ke-14 dalam daftar ini, dan merupakan kota tertinggi di antara kota-kota lain di luar Eropa.

Pemandangan pemukiman di Goyang, Korea SelatanDok.commons.wikimedia.org/Eungi731 Pemandangan pemukiman di Goyang, Korea Selatan

Pada tahun 2017, Goyang menjadi kota pertama di Korea Selatan yang bergabung dengan Indeks Keberlanjutan Destinasi Global. Kota ini juga telah mendapatkan sertifikasi keberlanjutan ISO 20121 pertamanya pada tahun 2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com