Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

East Java Fashion Harmony 2024 di Tulungagung, Upaya Promosi Wastra Tenun

Kompas.com - 12/06/2024, 10:10 WIB
Achmad Faizal,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Jawa Timur mempromosikan kekayaan budaya tenun lewat event tahunan East Java Fashion Harmony pada 22 Juni 2024 di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung.

Tema tenun sengaja diangkat karena perkembangan wastra tenun dianggap masih lambat dibandingkan dengan produk batik.

Adapun wastra menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kain tradisional yang memiliki makna dan simbol tersendiri yang mengacu pada dimensi warna, ukuran, dan bahan, contohnya batik, tenun, songket dan sebagainya.

Baca juga: Wastra Baru Khas Kediri Diluncurkan, Mas Dhito Sebut Desainnya Telah Dikaji Pakar Budaya

"Kita ingin angkat wastra tenun agar perkembangannya bisa seperti batik Jatim yang sudah mendunia," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Evy Afianasari kepada wartawan, Selasa (11/6/224).

Event ini bertujuan untuk menggali, mengangkat, dan memopulerkan khazanah wastra Jawa Timur serta melestarikan budaya nusantara.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Dalam event tersebut, wastra tenun produk UKM yang memiliki karakteristik, motif kearifan lokal kuat akan dipamerkan seperti dari Jombang, Kediri, Tuban, Lamongan, Gresik, hingga Mojokerto.

Wastra tenun dipamerkan melalui peragaan busana oleh 35 model profesional Jawa Timur. Mereka membawakan produk puluhan desainer muda dari siswa SMK, desainer profesional dari Jawa Timur dan mancanegara, serta dari kelompok desainer disabilitas.

Baca juga: Sustainable Wastra dengan Limbah

Sebagai rangkaian menuju puncak acara, juga digelar sejumlah kegiatan seperti Lomba desain motif batik khas Jawa Timur, Bincang Wastra, Bootcamp East Java Fashion Harmony 2024, serta pameran produk wastra dan ekonomi kreatif.

East Java Fashion Harmony 2024 mengambil tema "RISE OF REMINISCENCE” yang berarti kenangan (Tenun) yang akan dihidupkan kembali.

Suasana yang masih tenang di Pantai Midodaren di Kabupaten Tulungagung.INSTAGRAM @midodarentulungagung Suasana yang masih tenang di Pantai Midodaren di Kabupaten Tulungagung.

Event digelar di Pantai Midodaren dengan pertimbangan bahwa Pantai Midodaren merupakan daya tarik wisata di wilayah Pantai Selatan Jawa yang saat ini telah dikembangkan dan memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Pada 2023, Pantai Midodaren di Tulungagung sukses meraih penghargaan East Java Tourism Award.

Baca juga: Pantai Midodaren di Tulungagung: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

"Karena  lokasinya berada di jalur lintas selatan, East Java Fashion Harmony 2024 sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan daya tarik wisata dan menggerakkan ekonomi di jalur lintas selatan," pungkas Evy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com