Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Durian, Mudah Aja!

Kompas.com - 21/03/2009, 05:32 WIB
 

Pinkan Elita D/Pascal Saju/Neli Triana

KOMPAS.com - Kabar gembira bagi penggila durian. Buah yang memiliki aroma super kuat tetapi teramat lezat ini sekarang makin mudah ditemukan. Tidak cuma di mal, kini banyak resto atau kafe durian yang bermunculan di Jakarta. Akan tambah seru kalau menikmati si buah duri ini langsung di kebunnya.

Harum buah durian, daging yang tebal, warna daging buah yang kuning, dan rasa manis yang menggoda nyata terasa disuguhkan di Restoran Durian Harum di Jalan Raya Panjang Nomor 29, Perempatan Pos Pengumben, Jakarta Barat; Cafe Raja Durian di Jalan Danau Sunter, Jakarta Utara; Cafe Durian di Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan; dan Cafe Durian di Restoran Red Corner, Setiabudi Barat No 1A, Jakarta Selatan.

Cukup mudah mencapai tempat-tempat ini. Ke Restoran Durian Harum, misalnya, bisa datang dari arah Permata Hijau (Jalan Panjang) menuju Kebon Jeruk atau sebaliknya. Lokasi restoran ini tepat di perempatan Jalan Pos Pengumben Raya-Jalan Panjang. Resto ini ditandai beberapa patung buah durian di pagarnya.

Cafe Raja Durian tepatnya di Jalan Danau Sunter Utara Blok B1 Nomor 12. Kafe ini termasuk paling ramai dikunjungi penikmat durian di Jakarta Utara. Pilihan lain ke Cafe Durian di Tebet. Tempat ini mudah dicapai dari segala penjuru Jakarta karena dekat dengan jalan tol Cawang-Semanggi. Arahnya, dari Pancoran menuju Cawang, setelah melewati RS Tebet masuk ke Jalan Tebet Timur Raya. Selanjutnya, masuk ke Jalan Tebet Timur Dalam Raya menuju Pasar PSPT. Sekitar 500 meter dari pertigaan itu terlihat Cafe Durian, sebuah kafe yang didirikan di garasi rumah.

Bisa juga datang ke Cafe Durian di Restoran Red Corner dengan akses yang mudah. Dari Jalan Sudirman masuk ke Jalan Setiabudi Raya (sebelah kanan Chase Plaza).

Es krim dan es cendol

Restoran dan kafe-kafe durian ini tidak hanya menjual buah durian segar, tetapi juga aneka produk makanan olahan berbahan dasar durian. Produk makanan tersebut mulai dari es krim, keripik, dodol, lempok, hingga beberapa penganan lain, termasuk es cendol.

Cafe Raja Durian di Sunter dikunjungi sedikitnya 200 orang setiap hari. Es cendol durian menjadi menu andalan di kafe ini. Selain itu, ada juga jus durian. Semuanya dijamin diolah murni dari buah durian tanpa bahan pengawet.

Kafe yang terletak di deretan ruko Blok B1 itu dilengkapi sejumlah meja dan kursi bagi pengunjung. Pemilik kafe, Kong Xiong, warga keturunan asal Singkawang, Kalimantan Barat, mengatakan, kafenya buka sejak pukul 09.00 hingga pukul 23.00.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com