Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Garang Asem di Warung Solo

Kompas.com - 14/03/2011, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Susahnya menemukan makanan yang satu ini, si Garang Asem Ayam; apalagi di kota Jakarta. Masakan tradisional khas Jawa Tengah ini memang ngangenin, dengan rasa  asem yang dihasilkan dari belimbing wuluh dicampur dengan santan, cabai rawit, merica, pala ... membuat daging ayamnya menjadi sangat nikmat untuk disantap. Apalagi dibungkus dengan daun pisang membuat aroma ayamnya menjadi semakin khas.

Dulu saya sering makan Garang Asem yang ada di FoodCourt Plaza Senayan, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Hmm.. cari dimana lagi ya? Setelah sempat browsing dan bertanya sana sini, akhirnya ada juga yang tau tempatnya. Kakak saya memberitahukan Garang Asem yang ada di Warung Solo, Pesanggrahan. Wah boleh dicoba nih, tidak jauh juga dari rumah. Malam itu saya segera mencari si Warung Solo itu, katanya sih tidak jauh dari rumah makan Tekko.

Yup, tidak sulit kok mencarinya, karena Warung Solo persis berada di Jalan Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat dan berbentuk warung tenda sederhana tapi cukup bersih lho. Sewaktu saya datang masih sekitar jam 5 sore, jadi  masih sepi. Saya memang sengaja datang lebih awal supaya tidak berdesak-desakan, karena kabarnya warung tenda yang satu ini memang laris manis.

Pak Dayat, pemilik Warung Solo ini sudah memulai usaha ini sejak tahun 1983 dan beliau pun ramah menanyakan kepada saya ingin beli apa. Langsung saja saya pesan Garang Asem Ayam. Kita juga boleh memilih ayamnya mau dada atau paha.

Garang Asem memang enaknya dimakan dalam keadaan hangat, dengan sepiring nasi panas... wuih mantap ya. Begitu saya buka daun pisangnya, aroma lezatnya langsung tercium he-he... Kuahnya yang pertama kali saya cicipi, nyam nyam,.... lezat dan segar. Rasa asemnya pas banget. Nah berhubung saya suka pedas, saya pun memecah cabe rawitnya supaya kuah garang asem nya terasa lebih pedas. Sekarang tambah mantap rasa kuahnya, Asem pedas ... lezat banget. Daging ayamnya jadi terasa lebih nikmat lho.

Sekarang saya sudah tahu harus kemana kalau ingin makan Garang Asem Ayam, ya Warung Solo lah jawabannya. Murah, enak, segar, dan lezat. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com