Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Wisata Jakarta Punya Rute Baru, Catat Jadwal dan Rutenya

Kompas.com - 22/05/2016, 14:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta punya bus tingkat untuk rute wisata yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis. Baru-baru ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima hibah bus sebanyak tiga buah.

Dengan tambahan tiga bus tersebut, total ada 8 bus yang beroperasi hingga saat ini. Seperti dikutip dari Antara, bus-bus baru tersebut pada akhir pekan akan beroperasi dengan tiga tema yaitu wisata sejarah, kuliner, dan belanja.

Bus rute sejarah beroperasi pada hari Minggu pukul 12.00 hingga 20.00 dan dilengkapi dengan GPS sehingga ketika melewati museum atau gedung bersejarah akan ada pengeras suara yang menceritakan bangunan tersebut.

Sementara itu, rute wisata kuliner beroperasi pada Sabtu pukul 17.00 hingga 23.00 untuk mengunjungi lokasi yang terkenal untuk makan serta melihat kehidupan ibu kota di malam hari.

Rute wisata belanja pada Minggu pukul 12.00-20.00 akan mengeksplorasi Jakarta sebagai kota metropolitan.

“Kami ingin Jakarta dilayani bus tingkat gratis untuk wisatawan lokal maupun luar negeri,” kata Gubernur Basuki Tjahaja Purnama saat meluncurkan bus baru tersebut, Jumat (20/5/2016).

Ahok, panggilan Basuki, mengatakan akan menyiapkan alat pendengar yang memuat informasi dalam bahasa Inggris sehingga wisatawan asing juga dapat menikmati wisata sejarah.

DKI menerima satu unit bus dari PT Tower Bersama Infrastuktur Group (dihibahkan pada Jumat lalu), satu dari PT Coca Cola dan satu PT Alfamart. Bus berkapasitas 69 tempat duduk.

Rencananya, Pemprov akan kemballi menerima hibah untuk bus wisata sehingga diperkirakan pada  Juli 2016 akan ada 21 unit yang beroperasi. Ahok menargetkan tahun ini ada 40 unit bus wisata di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com