Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melancong ke Solo, Yuk Mampir ke 5 Obyek Wisata Ini

Bagi Anda yang mulai mengagendakan berlibur ke kota Solo, Yuk simak beberapa destinasi wisata yang telah KompasTravel himpun :

1. Keraton Kasunanan Solo

Belum lengkap rasanya mengunjungi Solo tanpa pergi ke Keraton Kasunanan Surakarta. Menjelajahi keraton yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II ini, Anda akan dibawa menjelajahi sejarah, seni, dan juga budaya dalam waktu yang bersamaan.

Di Keraton Kasunanan Surakarta, Anda juga bisa melihat peninggalan di bangunan Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Magangan, Kompleks Sri Manganti dan Kamandungan Kidul, Kompleks Siti Hinggil Kidul dan Alun-alun Kidul.

Tak boleh kelewatan, Anda juga wajib mengunjungi Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Museum ini menyimpan berbagai benda pusaka serta koleksi-koleksi keraton lainnya.

Berbelanja oleh-oleh tentu wajib dilakukan. Pasar menjadi destinasi favorit wisatawan karena banyak varian, harganya pun terjangkau. Pasar Klewer pun tak ketinggalan menjadi destinasi para wisatawan mencari suvenir dan oleh-oleh khas kota Solo.

Aneka produk batik bisa ditemui di Blok C Pasar Klewer Sementara. Pedagang-pedagang produk batik menempati kios-kios yang dibangun sementara pasca bangunan pasar yang lama terbakar.

Untuk Aneka batik, Anda bisa menemukan produk-produk batik seperti kemeja, daster, baju tidur, celana, baju formal, dan aneka produk lain. Corak yang dijual pun beragam. Tidak hanya batik solo, batik semarang, batik kudus, batik pekalongan pun lengkap ditemui di pasar ini.

Selain batik, aneka jajanan ditumpuk oleh penjual di kios-kios yang ditempati di Blok D Pasar Klewer Sementara. Seperti dodol, jenang, onde-onde, enting-enting kacang, ampyang jahe, intip, belut goreng, keripik tempe sagu, keripik bayem, belut, gemplak, dodol, bakpia, dan aneka jajajan lain lengkap dijual.

3. Taman Balekambang

Lelah dalam perjalanan melewati Jalan Raya Pantai Utara Jawa, Taman Balekambang bisa jadi pilihan untuk “ngadem” di Kota Solo. Jejeran pepohonan hijau nan teduh yang menyediakan oksigen dan siap membuat Anda rileks.

Anda bisa duduk-duduk santai atau berpiknik bersama keluarga di Taman Balekambang yang digadang-gadang menjadi hutan kota-nya masyarakat Solo. Jangan lupa untuk berfoto sekadar mengabadikan momen liburan bersama keluarga.

Di sana juga terdapat beberapa ekor rusa yang dilepasliarkan dan ada juga taman reptil, green house, taman air, tempat outbond, gedung ketoprak, serta rumah peristirahatan.

4. Pasar Gede

Tak lengkap rasanya jika berlibur tapi tidak mencicipi kuliner khas Solo. Di pasar yang telah berdiri sejak 1930 ini, terdapat banyak kuliner yang menggiurkan. Anda bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas Solo mulai dari minuman, cemilan hingga santapan besar yang siap mengisi perut Anda.

5. Kampung Lawean dan Kauman

Jika di Pasar Klewer Anda bisa memilih beberapa varian batik dari Solo dan daerah sekitarnya. Di Kampung Batik Laweyan dan Kauman, Anda bisa mampir ke salah satu pusat produksi batik tradisional terbesar di Kota Solo.

Hal yang membedakan dua tempat tersebut adalah motifnya. Kampung Batik Laweyan memiliki ratusan jenis motif dan kecenderungan warna yang terang. Sedangkan Kampung Batik Kauman memiliki kecenderungan motif yang berwarna coklat cenderung gelap.

Saat menyusuri Kampung Batik Laweyan, Anda bisa memilih berjalan kaki atau menggunakan becak. Para tukang becak siap mengantar para pengunjung menyusuri deretan industri batik rumahan dan sesekali berhenti di toko-toko batik.

Bersama keluarga berkeliling Kampung Batik Laweyan dan Kauman pada pagi hari agar bisa melihat proses pembuatan batik tulis, batik cap, pencelupan, pencucian, hingga penjemuran kain. Tak ketinggalan, Anda juga bisa membeli batik-batik yang dijual di Kampung Batik Laweyan dan Kauman.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/04/170900527/melancong-ke-solo-yuk-mampir-ke-5-obyek-wisata-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke