Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Akhir Tahun, Yuk Bertualang ke Taman Nasional Bali Barat

Namun bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di Bali, mengunjungi bagian ujung barat Pulau Bali tentu sangat direkomendasikan. Terutama bagi Anda yang gemar bertualang di alam bebas. Alasannya bagian barat Bali yang masih menyediakan banyak destinasi wisata alam yang cantik dan terawat.  

Di Taman Nasional Bali Barat, Anda akan dimanjakan pemandangan rimbunnya hutan lebat, jernihnya air laut, indahnya hamparan pantai, hingga pegunungan menghijau. Dilansir dari situs resmi pesona Indonesia, Taman Nasional Bali Barat merupakan habitat burung elok jalak bali yang diketahui sebagai spesies endemik Pulau Bali.

Taman nasional ini memiliki luas 19.002,89 ha. Di sini Anda dapat menikmati beragam jenis flora dan fauna liar, termasuk yang berstatus langka, dilindungi maupun yang keberadaannya masih melimpah. TNBB sendiri memang dikenal sebagai kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi.

Yang membuat TNBB semakin spesial karena taman nasional ini menjadi rumah terakhir untuk spesies endemik Pulau Bali yakni jalak bali. Dilihat dari sejarahnya berdirinya TNBB ini, burung jalak bali dapat dikatakan sebagai salah satu alasan dibentuknya TNBB ini.

Selain jalak bali yang terkenal, TNBB ini juga dihuni lebih dari 17 jenis mamalia serta 160 jenis burung dan berbagai jenis reptil dan ikan. Tak ketinggalan berbagai flora beragam juga menghiasi TNBB. Terdapat sekitar 176 jenis flora tumbuh liar di TNBB.

Tak ketinggalan berbagai spot wisata nan cantik bertebaran di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Mulai dari Pulau Menjangan, Pura Teluk Terima, Teluk Brumbun.

Berbagai akomodasi dan fasilitas tersedia di TNBB, mulai dari pemandu wisata, pondok jaga, pondok wisata, menara pandang, jalan setapak hingga penyewaan peralatan selam dan speedboat guna memudahkan wisatawan.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/22/105844427/libur-akhir-tahun-yuk-bertualang-ke-taman-nasional-bali-barat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke