Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Akomodasi dan Akses ke Nias Semakin Beragam

Pemerintah telah membantu memperpanjang landasan pacu Bandara Binaka, Nias. dari 1.800 meter menjadi 2.200 - 2.500 meter sehingga dapat didarati pesawat berbadan besar.

Pada 2017 jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Nias sebanyak 40.000 wisatawan. Sedangkan target kunjungan wisatawan pada tahun 2019 yakni 100.000 orang.

Nias yang memiliki potensi wisata berupa alam, budaya, dan buatan manusia menyuguhkan berbagai warisan budaya yang bernilai tinggi.

Wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara juga seringkali menghabiskan waktu di Nias dengan berselancar. Ini karena Nias masuk dalam peringkat 10 besar tempat berselancar, bahkan bisa dibilang sebagai yang kedua terbaik setelah Hawaii.

Terdapat dua maskapai penerbangan yang secara rutin melayani penerbangan Medan-Gunung Sitoli dan Padang-Gunung Sitoli.

Dari Medan, Wings Air melayani penerbangan sebanyak 5 kali sehari, dan Garuda Indonesia 2 kali sehari. Sedangkan dari Padang, Wings Air beroperasi 1 kali sehari. Harga tiket dibanderol mulai Rp 905.000.

Wings Air dari Medan melayani penumpang dengan 4 kali penerbangan pada pukul 08.55, 10.15, 11.40, dan 14.25 WIB. Garuda Indonesia dari Medan melayani penumpang dua kali sehari pada pukul 07.00 dan 13.15 WIB.

Adapun penerbangan Wings Air dari Padang melayani penumpang pada pukul 13.05 WIB.

Dari bandara menuju lokasi surfing, sebagian besar sudah jalan sudah hotmix dan dapat ditempuh hanya dalam waktu dua jam termasuk untuk menuju desa tradisionalnya.

Penginapan

Homestay di Nias saat ini ada sekitar 136 dan beberapa di antaranya dalam proses pembangunan. Kelayakan homestay yang ada di Nias dapat dilihat dari banyaknya turis peselancar yang memilih untuk menginap di homestay.

Beberapa pilihan penginapan bisa Anda pesan di beberapa website booking online dengan harga mulai Rp 300.000 per malam.

“Sekarang juga sedang mengusahakan kapal cepat dari Padang ke Teluk Dalam ke Telo. Hotel terbaik di Nias ada di Telo, di Nias Selatan tapi di Kepulauan. Penginapan ini juga sudah setara internasional,” tutur Bupati Nias Selatan Hilarius Duha pada peluncuran Festival Ya’ahowu Nias Festival (25/06/2018).

https://travel.kompas.com/read/2018/06/26/192600527/pilihan-akomodasi-dan-akses-ke-nias-semakin-beragam

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+