Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Diimbau Akses CCTV Sebelum Liburan ke Gunungkidul, Kenapa?

Kompas.com - 06/04/2024, 18:34 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyampaikan, wisatawan bisa mengakses CCTV untuk memantau tempat wisata dan jalur menuju tempat wisata. 

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Setiyo Hartanto mengatakan, saat ini ada 81 titik yang sudah dipasangi CCTV baik untuk pemantau umum maupun pemantau khusus.

Baca juga:

"Bisa melalui (tautan) s.id/cctvgk, nanti bisa memilih akses bisa melalui laman YouTube Kominfo Gunungkidul atau dari provinsi," kata Setiyo saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (6/4/2024).

Ia menambahkan, dari CCTV, wisatawan bisa melihat jalur masuk Gunungkidul baik dari sisi barat maupun timur. Selain itu, bsisa juga melihat pintu masuk wisata pantai.

Mereka pun bisa mengakses Embung Batara Sriten, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

"Harapannya wisatawan atau pemudik sudah bisa bersiap jika terjadi kepadatan," kata dia.

Setiyo mengatakan, upaya ini salah satunya untuk mendukung kunjungan wisatawan yang saat ini terus meningkat di Gunungkidul. Ia juga berharap agar pemantauan CCTV bisa memudahkan pemudik dan wisatawan.

Baca juga:

Kawasan pantai Baron, Gunungkidul. Minggu (10/3/2024)Dok Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Kawasan pantai Baron, Gunungkidul. Minggu (10/3/2024)

Sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 136.205 orang selama libur Lebaran 2024, tepatnya dari Rabu (10/4/2024) sampai Senin (15/4/2024).

"Target kunjungan wisata selama libur Lebaran 136.205 wisatawan dengan pendapatan retribusi sebanyak Rp 1,5 miliar. Kunjungan wisata diprediksi naik sekitar 1.000 wisatawan dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul, Supriyanta, Selasa (2/4/2024).

Pantai diperkirakan akan menjadi favorit wisatawan, antara lain Pantai Baron dan Pantai Watu Lawang.

Untuk menyambut kunjungan wisatawan, pihaknya juga telah membuat surat edaran (SE) tentang Penyelenggaraan Kegiatan Wisata kepada pelaku dan pengelola wisata.

"Ini terkait dengan pelayanan terbaik kepada wisatawan tidak boleh nuthuk harga," ujar dia. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com