Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama di Indonesia, Budidaya Ubur-ubur Kini Hadir di Sea World

“Kami menjamin bahwa Sea World Ancol merupakan tempat budidaya ubur-ubur pertama yang ada di Indonesia,” ujar VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto di Museum Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (18/09/2019).

Pada mulanya, Sea World Ancol hanya memelihara ubur-ubur yang ditangkap dari habitatnya. Namun usia ubur-ubur tidak bisa bertahan terlalu lama.

Sea World Ancol kemudian memutuskan untuk mengembangbiakan ubur-ubur sehingga tidak lagi mengambil ubur-ubur dari habitat aslinya.

“Awalnya kita mulai dari akuarium ubur-ubur, akuarium ini sendiri baru launching 2018 lalu. Tahun 2018 itu Sea World Ancol belum banyak pengetahuan bagaimana memelihara ubur-ubur, kami belajar memelihara ubur-ubur,” jelas Rika Sudranto.

Ia menambahkan, upaya ini bertujuan untuk tidak menganggu ekosistem di alam, tetapi masyarakat dapat selalu melihat ubur-ubut di akuarium Sea World Ancol.

“Dengan membudidayakan ubur-ubur kita bisa menampilkannya nanti di akuarium Sea World. Umur ubur-ubur tidak panjang, pasti hanya sampai 1 tahun," kata Rika.

"Kami tidak mau kalau terus mengambil dari habitatnya. Kami di sini menjamin ubur-ubur yang ada di Sea World Ancol sepanjang tahun dapat dilihat berkat budidaya ubur-ubur,” tambahnya.

Jenis ubur-ubur yang telah berhasil dibudidayakan di Sea World Ancol adalah jenis Moon Jelly dan Up Side Down.

“Yang pertama itu ubur-ubur jenis Moon Jelly dan Up Side Down, dari kedua jenis ubur-ubur ini yang kita budidayakan. Saat ini yang berhasil berkembang biak adalah jenis itu,” ungkap Rika Sudranto.

Untuk melihat koleksi ubur-ubur dan binatang laut lainnya, kamu dapat mengunjungi Sea World Ancol. Sea World Ancol berada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, Jakarta Utara.

https://travel.kompas.com/read/2019/09/19/134037727/pertama-di-indonesia-budidaya-ubur-ubur-kini-hadir-di-sea-world

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke