Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penerbangan ke Thailand Ditangguhkan, WNI Diimbau Tunda Perjalanan ke Sana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ), otoritas Thailand telah menetapkan penangguhan bagi seluruh penerbangan yang akan tiba di sana.

Kebijakan ini berlaku mulai hari ini, Sabtu (4/4/2020) hingga Senin (6/4/2020).

Mengacu informasi akun Instagram Safe Travel Kemlu @safetravel.kemlu, bagi penerbangan yang berangkat sebelum kebijakan ditetapkan akan dikarantina selama 14 hari setibanya di Thailand.

Melansir Reuters, Thailand mengumumkan keputusan penangguhan penerbangan pada hari Jumat (3/4/2020).

Pengumuman ini keluar beberapa jam setelah keributan di Bandara Suvarnabhumi Bangkok ketika lebih dari 100 warga negara Thailand tiba dengan penerbangan berbeda.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang petugas imigrasi Thailand kepada Reuters.

"Seorang petugas kesehatan masyarakat mengizinkan mereka untuk mengkarantina diri di rumah. Ada keributan karena mereka tidak tahu bahwa harus dimasukkan ke dalam karantina negara," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Thailand hingga kini telah melaporkan 1.978 kasus virus corona dengan 19 kematian.

Pemerintah ingin menghindari lebih banyak kasus impor virus yang berjatuhan dengan cara menangguhkan seluruh penerbangan ke Thailand.

Melansir Reuters, sejak 1 Maret 2020, terdapat peningkatan jumlah orang yang terinfeksi di luar negeri sebelum mereka kembali ke rumah.

Pihak berwenang telah mengkarantina 2.000 orang yang melakukan kontak dengan orang asing tersebut.

Sementara itu, larangan melakukan perjalanan udara datang sehari setelah pemerintah Thailand meminta warganya di luar negeri untuk menunda pulang sampai setelah 15 April 2020.

Thailand dilaporkan memiliki 11 bandara internasional, termasuk di Ibu Kota Bangkok, dan pulau wisata populer Phuket yang berencana menutup bandara mulai 10 hingga 30 April 2020.

Jika kamu sedang di Thailand dan membutuhkan bantuan, bisa menghubungi hotline KBRI Bangkok di nomor +66929031103 & +66961923237 atau menekan tombol darurat dalam aplikasi Safe Travel.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/04/200900427/penerbangan-ke-thailand-ditangguhkan-wni-diimbau-tunda-perjalanan-ke-sana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke