Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bakal Seperti Apa Wisata Candi Borobudur di Era New Normal?

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/5/2020), PT TWC rencananya akan membuka kembali operasional wisata candi beserta fasilitasnya pada Juni 2020.

Sebelumnya wisata candi yang dikelola PT TWC telah ditutup kurang lebih selama tiga bulan yaitu sejak Maret 2020. Pada saat dibuka nanti, pihak TWC menyatakan siap menuju New Normal yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Dengan telah diterapkannya 'The New Normal' Pariwisata diharapkan dapat membangun kepercayaan wisatawan, sehingga dunia pariwisata dan perekonomian di kawasan ini dapat bangkit kembali. Meskipun kita yakin bahwa ini tidak akan cepat kembali normal seperti sediakala," ujar Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono seperti dikutip rilis.

Adapun New Normal yang dilakukan di destinasi TWC meliputi:

Selain itu, upaya lainnya adalah menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan pedagang, menerapkan protokol Covid-19 di area sekitar kios pedagang, serta menyiapkan pelayanan kesehatan yang prima dengan tenaga dan ruang medis yang memadai.

Sebelum membuka secara resmi destinasi wisata candi pada Juni nanti, pihak TWC akan melakukan kegiatan pre operasional dengan mengadakan tur bersama media serta travel agent, untuk memberikan informasi terkait perubahan yang telah dilakukan di dalam kawasan.

Lebih lanjut, TWC sudah memiliki berbagai persiapan untuk memperbaiki dan meningkatkan standar kualitas pelayanan menuju pariwisata yang bersih, sehat dan aman untuk menerima wisatawan.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang akan menerapkan program Cleanliness, Health, and Safety (CHS) di setiap destinasi wisata.

"Program ini dinilai penting, karena pandemi ini telah membuat perilaku manusia berubah. Masyarakat jauh lebih peduli terhadap faktor-faktor kebersihan, kesehatan, dan keamanan termasuk dalam melakukan aktivitas berwisata," kata Edy.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/22/210400927/bakal-seperti-apa-wisata-candi-borobudur-di-era-new-normal-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke