Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Wisata Garut, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

KOMPAS.com – Garut merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Namun, Garut ternyata juga memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Pesona wisata Garut menawarkan panorama yang indah dan asri, dan tentunya tak kalah dengan wisata di daerah lainnya.

Mulai dari wisata alam sampai sejarah, semua dapat ditemukan di Kabupaten Garut. Berikut Kompas.com merangkum 25 tempat wisata di Kabupaten Garut:

1. Pantai Sayang Heulang

Selain menjadi wisata alam, Pantai Sayang Heulang juga termasuk dalam wisata budaya dan religi. Lokasinya ada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Daya tarik dari pantai ini adalah pasir pantai yang putih, hamparan karang, sasak rawayan, bukit teletubbies, bukit karang, dan Makam Prabu Geusan Ulun.

Berada tak jauh dari Pantai Santolo, pantai ini menawarkan suasana pantai yang asri dan aktivitas menarik.

Di pantai ini, pengunjung dapat berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain voli pantai, sepak bola, snorkeling, sampai berkemah di pinggir pantai.

Dengan keindahan Pantai Sayang Heulang, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan mengambil foto dengan latar yang cantik dan instagramable.

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang juga sudah tersedia, antara lain area parki, mushola, toilet, kamar mandi, rumah makan, dan penginapan.

Harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang adalah Rp 10.000 per orang. Biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Bukit Teletubies Sayang Heulang

Bukit Teletubies Sayang Heulang atau biasanya disebut Bukit Pogor berada dalam satu kawasan pantai Sayang Heulang, tepatnya terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantik dipenuhi hamparan rumput hijau. Kedua mata akan disajikan pemandangan berupa pegunungan berpadu dengan langit biru dan laut biru yang membentang luas.

Dari atas bukit, pengunjung juga dapat menikmati pesona matahari terbit dan terbenam. Dengan pesona alam yang disajikan ini, menawarkan latar foto yang cantik dan instagramable.

Adapun, harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Harga tiket sudah termasuk memasuki area Pantai Sayang Heulang, Bukit Teletubbies, dan gumuk pasir batu karang.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo salah satu pantai populer di Garut. Lokasinya ada di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat wisata ini menawarkan pasir pantai yang putih juga lembut dan pemandangan asri nan eksotis.

Di pantai ini, pengunjung dapat bermain air di bibir pantai, memancing, naik banana boat, berkunjung ke pulau terdekat dengan perahu, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan sunrise juga sunset.

Tak perlu khawatir soal makanan, pengujung juga dapat berwisata kuliner dengan menikmati hidangan laut di warung makan.

Fasilitas di pantai ini telah tersedia mulai area parkir, toilet, warung makan, penyewaan banana boat dan perahu, sampai penginapan. Adapun, harga tiket masuk Pantai Santolo adalah Rp 7.500 per orang.

4. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak berada tak jauh dari Pantai Santolo, tepatnya terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Pantai ini masih belum populer. Meski begitu, di sini tersaji panorama alam yang cantik dengan hamparan pasir putih dan karang.

Pengunjung tidak dapat berenang di pantai ini. Namun, mereka dapat memancing, membeli ikan, menyantap kuliner, bersantai menikmati pesona sunset, berfoto dengan latar yang cantik, sampai berkemah.

Untuk menunjang kunjungan wisata, fasilitas pantai ini juga terus dibangun, seperti ada toilet, warung, kamar mandi, dan area parkir. Pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk untuk memasuki Pantai Karang Papak

5. Talaga Bodas

Taman Wisata Alam Telaga Bodas berupa kawah berbentuk danau dengan air berwarna putih.

Wisata alam ini memiliki luas 23,85 hektar yang terletak di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.

Berada di ketinggian 1.512 meter di atas permukaan laut (mdpl) di lereng Gunung Galunggung, Talaga Bodas menawarkan pemandangan yang indah berupa perbukitan.

Di Talaga Bodas, pengunjung dapat beraktivitas, seperti trekking, hiking, piknik, mandi di kolam air panas, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Sementara itu, tersedia fasilitas seperti area parkir, toilet, saung, mushola, warung makan, dan ruang ganti.

Harga tiket masuk Talaga Bodas adalah Rp 10.000 per orang pada hari biasa dan Rp 15.000 per orang pada hari weekend.

6. Curug Batu Nyusun

Salah satu curug yang populer di Garut adalah Curug Batu Nyusun. Lokasinya ada di Kampung Cikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut.

Curug ini menawarkan pemandangan memukau dari tebing dengan bongkahan batu besar yang tersusun dan menjulang tinggi.

Pemandangan di Curug Batu Nyusun juga sangat asri dengan udara yang sejuk dan air jernih juga menyegarkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil foto instagramable. Harga tiket masuk sebesar di curug ini adalah Rp10.000 per orang.


7. Curug Jagapati

Curug Jagapati memiliki keunikan, yakni bertingkat empat. Lokasinya ada di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut.

Menawarkan keindahan yang memukau dan menakjubkan dengan pesona alam yang sangat asri, Curug Jagapati ternyata tersembunyi dan masih jarang diketahui wisatawan.

Pengunjung dapat mandi di kolam merasakan kesegaran air, berfoto dengan latar pemandangan yang indah, atau sekadar bersantai menikmati keasrian dan kesejukkan alam di Curug Jagapati.

Berkunjung ke Curug Jagapati, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis, namun bila pengunjung membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor.

8. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng yang masih jarang diketahuiini terletak di Kampung Harendong, Desa Margamulya, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut.

Meski jarang diketahui, tempat wisata curug ini menawarkan pesona alam yang sangat asri dan bersih.

Begitu tiba di Curug Dengdeng, pengunjung akan disuguhkan dengan air terjun deras setinggi sekitar 8 meter, kolam air yang jernih, serta dihiasi batu dan pepohonan hijau disekitar yang membuat suasana semakin sejuk.

Untuk mencapai Curug Dengdeng, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 800 meter dari area parkir dan melewati area sawah dan hutan. Harga tiketnya gratis.

9. Curug Gandasari

Curug Gandasari yang masih sangat asri dan jarang diketahui terletak di Kampung Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan punya aliran air dengan debit yang deras dan jernih.

Di sini, pengunjung dapat merasakan nuansa alam yang begitu asri dan sejuk dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Akses menuju Curug Gandasari masih tergolong buruk dan sulit dilalui, berupa jalan bebatuan dan tanah yang licin dan sempit.

Saat ini, harga tiketnya masih gratis. Namun, pengunjung tetap harus mendaftar di pos yang berada sekitar 2 kilometer dari Kampung Mekarluyu.

10. Curug Orok

Curug Orok sudah populer di kalangan wisatawan dan telah menjadi tempat wisata sejak 1996. Lokasinya ada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Dulunya, curug orok digunakan sebagai gudang persenjataan milik pasukan Belanda. Curug ini berada pada ketinggian 250 mdpl dengan suhu sejuk. Aliran air terjun di sini berketinggian sekitar 45 meter dengan air yang jernih.

Di Curug Orok, pengunjung dapat berenang di kolam air terjun, berkemah di area camping, mengambil foto instagramable, atau sekadar bersantai menikmati suasana alam.

Fasilitas di Curug Orok tergolong cukup baik, meliputi area parkir luas, toilet bersih, mushala, warung makan dan suvenir, gazebo, area kemah, dan penginapan. Harga tiket Curug Orok adalah Rp 15.000 per orang.

11. Leuwi Korsi

Leuwi Korsi merupakan sungai indah dengan air yang jernih. Lokasinya ada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Daya tarik Leuwi Korsi lainnya adalah batuan yang tersusun rapi mirip kursi. Kondisinya juga masih asri, bersih, dan sejuk.

Dengan keindahan tersebut, Leuwi Korsi sangat cocok dijadikan spot foto cantik. Pengunjung dapat mengambil foto yang instagramable di sana.

Mereka juga dapat berenang di air yang jernih karena alirannya tenang, atau sekadar bersantai menikmati keindahan dan kesejukkan alam.

Untuk berkunjung ke Leuwi Korsi, pengunjung tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk alias gratis.

12 Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg terletak di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Pengunjung dapat melihat tebing bebatuan, lengkap dengan air terjun kecil, ditambah air yang jernih dan menyegarkan.

Suasana di Leuwi Jubleg begitu menenangkan dengan pemandangan yang asri nan indah dan udara yang menyejukkan.

Di sini pengunjung dapat berenang di air yang jernih, mengambil foto keren dan instagramable, atau sekadar bersantai menikmati suasana alam yang asri.

Telah tersedia bilik ganti pakaian yang terbuat dari bambu. Adapun, harga tiket masyk Leuwi Jubleg masih gratis.


13. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong disebut "surga tersembunyi" dengan pemandangan eksotis di kaki Gunung Gong. Lokasinya ada di Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Daya tarik Leuwi Tonjong adalah tebing batu yang menjulang setinggi sekitar 100 meter dan mengelilingi sungai.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotis dengan suasana alam yang menenangkan dan udara sejuk.

Pengunjung dapat berenang di air yang menyegarka. Jangan lewatkan pula untuk mengambil foto keren nan instagramable.

Akses jalan menuju Leuwi Tonjong masih cukup sulit dan area parkirnya terbatas. Namun, sudah ada fasilitas, seperti toilet, mushala, dan warung makan. Harga tiket masuk Leuwi Tonjong adalah Rp10.000 per orang.

14. Tegal Panjang Garut

Tegal Panjang adalah lembah tersembunyi berupa savana yang membentang luas di Gunung Papandayan.

Pemandangan indah nan eksotis dengan hamparan rumput dan pepohonan hijau membuat suasana begitu menenangkan.

Tegal Panjang sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai wisata alam. Untuk mencapainya, perlu usaha keras dengan medan yang naik turun dan didominasi tanjakkan.

Pengunjung dapat berkemah. Di Tegal Panjang, terdapat sumber air yang begitu jernih dari aliran sungai.

Untuk menikmati suasana dan pemandangan di Tegal Panjang, pengunjung perlu mengurus simaksi (Surat Izin Masuk Kawasan Hutan Konservasi) dengan dikenai biaya Rp 20.000 per orang pada hari biasa dan Rp30.000 per orang saat hari libur.

15. Blue Lagoon Cisewu

Blue Lagoon Cisewu yang bernama asli Curug Rahong terletak di Kampung Tarunggang, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

Blue Lagoon Cisewu menawarkan air terjun setinggi 10 meter yang indah, berpadu dengan tebing batu dan debit air cukup deras.

Keindahan yang disajikan Blue Lagoon Cisewu memang begitu memesona. Pengunjung dapat berenang di air yang begitu jernih dan menyegarkan itu.

Tentu saja, jangan lewatkan untuk mengabadikannya dengan foto yang keren dan instagramable. Pengunjung tidak akan dipungut biaya apa pun untuk memasuki Blue Lagoon Cisewu.

16. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu yang belum terlalu populer ini terletak di Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Meski tidak terlalu populer, pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih, serta keindahan pemandangan bawah laut.

Di Pantai Manalusu, pengunjung dapat melakukan aktivitas, seperti bermain air, memancing, berjemur, diving, bermain bola, berkemah, dan berfoto-foto ria.

Pantai ini sangat cocok untuk liburan akhir pekan karena sepi pengunjung, sehingga lebih bebas saat bersantai. Sementara itu, harga tiket masuk Pantai Manalusu masih gratis.

17. Bukit Palahlar

Bukit Palahlar merupakan sebuah bukit dengan spot foto menarik. Lokasinya ada di Bumi Waluya, Desa Cikarang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

Di Bukit Palahlar, tersedia fasilitas, seperti area parkir, mushala, warung makan, dan gazebo. Untuk mengambil foto yang instagramable di Bukit Palahlar, pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk alias gratis.

Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan yang memesona berupa kebun buah, kebun bunga, dan pegunungan hijau.

18. Kamodjan Fillage

Kamodjan Fillage dijuluki "Swiss van Java" karena menghadirkan panorama alam yang indah. Lokasinya ada di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, Kamodjan Fillage juga punya spot foto yang menarik dan instagramable, seperti Floor Dock Sky, Becak on the sky, dan Bamboo House.

Untuk menunjang kunjungan wisata, telah tersedia fasilitas, seperti area parkir, mushala, dan toilet. Harga tiket masuk Kamodjan Fillage adalah Rp 15.000 per orang.


19. Kampung Saung Ciburial

Kampung Saung Ciburial merupakan desa wisata yang berada di kawasan Mata Air Ciburial, tepatnya Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Di Kampung Saung Ciburial, pengunjung dapat menikmati suasana yang asri, sejuk, dan tenang dengan pemandangan lahan pertanian.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain ciciripit, egrang, prepet jengkol, memancing, river tubing, berkemah, paintball, flying fox, panahan, sampai menikmati pertunjukkan pencak silat.

Jangan lewatkan untuk berbelanja oleh-oleh dari kampung ini yang merupakan hasil kerajinan tangan masyarakat desa.

Pengunjung juga dapat menginap di Kampung Saung Ciburial. Harga Rp 2 juta-Rp 5 juta tergantung jenis penginapan yang dapat menampung 15 sampai 25 orang.

20. Kebun Mawar Situ Hapa

Kebun Mawar Situ Hapa merupakan taman bunga yang didirkan oleh pasangan pengumpul bunga. Taman bunga ini berada pada ketinggian 1.100 mdpl yang dikelilingi pegunungan.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Kamojang kilometer 5, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Kebun mawar seluas 5 hektar ini memiliki koleksi 500 jenis bunga mawar yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Selain kebun bunga mawar, juga terdapat wahana, seperti labirin, taman tanaman hias, dan area bermain anak.

Fasilitas di Kebun Mawar Situ Hapa cukup memadai. Tersedia area parkir, toilet, mushala, restoran, dan penginapan.

Harga tiketnya adalah Rp 17.500 per orang pada hari biasa dan Rp 22.500 per orang saat Hari Minggu atau libur.

21. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark berada di perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Cisarua, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Tempat ini memiliki pohon pinus yang berjejer dan area tebing, lengkap dengan spot foto menarik, seperti balon udara, sangkar burung, sky gate, hingga foto ala Jepang.

Pengunjung juga dapat bermain wahan permainan, seperti flying fox, ATV, sepeda terbang, hingga extrem swing.

Untuk menunjang kunjungan wisata, fasilitas yang ada, di antaranya area parkir, toilet, mushala, restoran, camping ground, dan penginapan.

Harga tiket masuk Kamojang Ecopark adalah Rp 17.500 per orang. Harga wahana permaianan berkisar dari Rp 25.000-Rp 125.000.

22. Pantai Cidora

Pantai Cidora masih jarang dikunjungi, meski tak jauh dari Pantai Rancabuaya yang populer. Lokasinya ada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

Meski begitu, Pantai Cidora menawarkan pemandangan yang indah. Kondisi bersih dan sangat asri.

Pengunjung dapat bermain bola, bermain air di pinggir pantai, berburu foto keren, berjalan santai, atau sekadar menikmati pemandangan sunset sambil menyantap kuliner.

Bila air laut sedang surut, pengunjung dapat melihat hamparan terumbu karang, rumput laut, dan beberapa hewan laut dengan jelas.

Fasilitas di pantai ini belum memadai. Namun, sudah ada gazebo untuk istirahat dan warung makan yang menjual kuliner laut sampai kelapa muda. Harga tiket masuk Pantai Cidora adalah Rp 5.000 per orang.

23. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah belum begitu populer. Lokasinya ada di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Daya tarik dari pantai ini adalah terdapat muara sungai, air yang biru dan jerih. Suasana alam di sini juga sangat asri dan tenang.

Pengunjung dapat berenang karena memiliki ombak yang relatif tenang. Mereka juga bisa berkemah di area pantai, memancing, naik perahu ke pulau seberang, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Pemandangan di Pantai Cijeruk Indah memang indah sesuai namanya. Pesona matahari terbenam tampak memesona saat cuaca cerah.

Adapun, tarif tiker masuk Pantai Cijeruk Indah masih gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir.

24. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan peninggalan sejarah agama Hindu dari abad ke-17 dan terdapat patung Siwa di dalamnya.

Lokasinya ada di pulau kecil yang berada di tengan Situ Cangkuang, tepatnya terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Berkunjung ke Candi Cangkuang, pengunjung dapat belajar dan memperluas wawasan mengenai sejarah.

Dekat dengan candi juga terdapat Museum Situ Cangkuang yang menyimpan benda peninggalan penyebaran agama Islam di Cangkuang.

Di sekitar candi, telah terdapat fasilitas wisata, seperti toilet, mushala, warung makan dan suvenir.

Untuk mencapai Candi Cangkuang, dari gerbang masuk Situ Cangkuang terdapat area parkir dan pengunjung dapat menyebrangi danau naik perahu. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.

25. Puncak Guha

Puncak Guha berupa tebing karang, berada di pesisir pantai selatan Kabupaten Garut, tepatnya di Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin.

Menawarkan keindahan yang luar biasa indah, ternyata Puncak Guha belum populer, sehingga masih sangat terjaga keasriannya.

Puncak Guha sering dijadikan untuk tempat berkemah dengan mendirikan tenda dan tempat untuk berburu foto dengan latar keren.

Tersedia fasilitas di Puncak Guha seperti gazebo, area parkir, camping ground, dan warung makan.

Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Bila ingin berkemah, tarifnya Rp 5.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk motor.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/30/170500627/25-wisata-garut-cocok-dikunjungi-saat-liburan

Terkini Lainnya

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Ketua PHRI Sebut Perkembangan MICE di IKN Masih Butuh Waktu Lama

Travel Update
Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Astindo Nilai Pariwisata di Daerah Masih Terkendala Bahasa Asing

Travel Update
Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Travel Update
Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Deal With Ascott 2024 Digelar Hari Ini, Ada Lebih dari 60 Properti Hotel

Travel Update
4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

4 Tempat Wisata Indoor di Kota Malang, Alternatif Berlibur Saat Hujan

Jalan Jalan
3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

3 Penginapan di Rumpin Bogor, Dekat Wisata Favorit Keluarga

Hotel Story
Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Pendakian Rinjani 3 Hari 2 Malam via Sembalun – Torean, Perjuangan Menggapai Atap NTB

Jalan Jalan
Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Rekomendasi 5 Waterpark di Tangerang, Harga mulai Rp 20.000

Jalan Jalan
Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Tips Pilih Kursi dan Cara Hindari Mual di Pesawat

Travel Tips
4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

4 Playground di Tangerang, Bisa Pilih Indoor atau Outdoor

Jalan Jalan
Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Tradisi Syawalan di Klaten, Silaturahmi Sekaligus Melestarikan Budaya dan Tradisi

Jalan Jalan
Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Aktivitas Seru di World of Wonders Tangerang, Bisa Nonton 4D

Jalan Jalan
Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Cara ke Pasar Senen Naik KRL dan Transjakarta, buat yang Mau Thrifting

Travel Tips
8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

8 Tips Kemah, dari Barang Wajib DIbawa hingga Cegah Badan Capek

Travel Tips
Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Harga Tiket Candi Borobudur April 2024 dan Cara Belinya

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke