Salin Artikel

Libur Akhir Tahun Dipangkas, Contek Itinerary Roadtrip ke Bogor, Purwakarta, Bandung

Periode libur akhir tahun pertama adalah tanggal 24-26 Desember 2020. Dengan total libur empat hari, kamu masih tetap bisa liburan ke tempat yang tak terlalu jauh.

Salah satu alternatif aman untuk liburan di kala pandemi seperti ini adalah roadtrip. Jawa Barat jadi salah satu tujuan paling menarik karena letaknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta.

Tertarik roadtrip ke Jawa Barat? Berikut ini itinerary road trip ke Jawa Barat untuk libur akhir tahun 2020 selama empat hari tiga malam yang sudah Kompas.com rangkum:

Hari Pertama

  • Sarapan di Surya Kencana

Memulai perjalanan roadtrip dari Jakarta, tak ada salahnya untuk mampir berkeliling kota tetangga, yakni Bogor. Di sini banyak tempat-tempat seru yang menarik untuk didatangi.

Sebaiknya berangkat dari Jakarta pagi hari agar sampai di Bogor kamu bisa coba mencari sarapan di sini. Salah satu yang terkenal sebagai pusat kuliner adalah Jalan Suryakencana. Kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan di sini.

Seperti lumpia basah, laksa bogor, soto kuning, bakso kikil, soto mi, asinan sayur dan buah, cungkring, es pala, martabak arang, hingga bir kotjok.

Dari Tol Jagorawi, kamu hanya perlu keluar dari gerbang tol Bogor. Dari sana ambil arah ke kanan, menuju Jalan Otto Iskandardinata, mengitari Kebun Raya Bogor. Lalu ambil jalan ke kiri, kamu sudah sampai di Jalan Suryakencana.

  • Jalan-jalan di Kebun Raya Bogor

Setelah perut kenyang, kamu bisa coba jalan-jalan santai di Kebun Raya Bogor (KRB). Kamu bisa menemukan beragam spot Instagramable di sana sambil menikmati sejuknya kota Bogor. Jangan lupa bawa payung karena Bogor terkenal sebagai kota hujan.

Di KRB tak hanya punya bunga bangkai saja, tapi ada juga beberapa spot lain yang tak kalah cantik. Salah satunya adalah Taman Meksiko. Taman dengan pemandangan khas padang gurun Meksiko, penuh bebatuan dan tanaman kaktus beraneka ragam.

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Letaknya tak jauh dari Jalan Suryakencana, hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 10 menit saja.

  • Museum Hopping

Kota Bogor tak hanya punya wisata alam, melainkan ada pula beberapa museum unik di Bogor yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Museum-museum ini bisa jadi alternatif setelah kamu puas menghirup udara segar di Kebun Raya Bogor.

Beberapa museum yang berada tak jauh dari Kebun Raya Bogor adalah pertama Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasein) berlokasi di Jalan Juanda No.22-24, Bogor.

Selanjutnya ada Museum Tanah di Jalan Ir. H. Juanda No. 98 serta Museum Pembela Tanah Air (Peta) di Jalan Jenderal Sudirman No. 35.

Kemudian ada Museum Perjuangan Bogor di Jalan Merdeka No. 56, Museum Zoologi di Jalan Ir. H. Juanda No. 9, dan Museum Kepresidenan Balai Kirti di bagian belakang Istana Kepresidenan RI.

  • Menginap di Sentul

Untuk menginap kamu bisa coba The Carpenter Outdoor yang terletak di Jalan Tegalluhur, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Medang, Bogor.

Kamu bisa datang sore hari supaya bisa mencoba aktivitas di sini. Seperti menikmati air terjun, permainan Glamping Fun, dan membuat api unggun.

Hari Kedua

  • Trekking Tiga Curug

Sentul terkenal dengan alamnya yang masih begitu asri. Wisata trekking alam di Sentul beberapa waktu belakangan begitu populer. Salah satu jalur yang bisa kamu coba adalah trekking ke tiga curug atau air terjun yang letaknya tak jauh dari tempatmu menginap.

Yakni Curug Ciburial, Curug Kembar, dan Curug Hordeng. Kamu bisa mencoba paket wisata dari beberapa penyedia jasa wisata yang menyediakan paket trekking ke tiga curug tersebut.

Salah satu penyedia jasa yang bisa kamu coba adalah Taman Budaya Sentul City. Untuk harga paket wisata trekking Curug Ciburial, Curug Kembar, dan Curug Hordeng dari Taman Budaya Sentul City adalah Rp 300.000 per pax.

  • Kuliner di Pasar Ah Poong

Setelah capek trekking ke tiga curug, saatnya mengisi perut. Kamu bisa datang ke Pasar Ah Poong. Lokasinya dekat dengan Gerbang Tol Sentul City, sehingga cocok jadi persinggahan sebelum keluar dari Sentul.

Pasar Ah Poong terletak di ECOART Park Sentul City, Jalan MH Thamrin, no. kavling 8, Cipambuan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Beberapa kuliner yang bisa kamu coba adalah Lembur Kuring, Tahu Super Pong, Klepon dan Lupis, Iga Bakar Sambel Hedjo Galumbira, Sop Buntut Bogor Sehati, Cakwe Galaxy, Tokio Street Takoyaki, dan masih banyak lagi.

  • Perjalanan ke Purwakarta

Jika perut sudah kenyang saatnya melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu Purwakarta. Perjalanan malam bisa jadi pilihan jika kamu mau lalu lintas yang tidak panas dan cenderung tidak macet.

Keluar dari Gerbang Tol Sentul, langsung melalui Jalan Tol Lingkar Luar Bogor, Jalan Tol Jagorawi, terus ke Tol Jorr dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

  • Menginap di Prime Plaza Hotel Purwakarta

Perjalanan dari Pasar Ah Poong menuju Purwakarta kira-kira akan memakan waktu dua jam jika tidak macet. Setelah masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek, lanjut ke Jalan Tol Kalihurip. Lalu ambil jalur keluar 68.

Dari sana ikuti Jalan Kota Bukit Indah Raya hingga sampai di hotel tempatmu menginap. Kamu bisa coba Prime Plaza Hotel Purwakarta, hotel bintang empat yang terletak tak terlalu jauh dari pintu tol.

Tepatnya di Jalan Kota Bukit Indah Raya No. Blok L, Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Hari Ketiga

  • Sarapan Sate Maranggi

Tak lengkap rasanya jika tidak makan sate maranggi ketika berkunjung ke Purwakarta. Salah satu tempat sate maranggi legendaris di Purwakarta adalah Sate Maranggi Haji Yetty yang terletak di Jalan Raya Cibungur, Purwakarta.

Letaknya hanya sekitar 10 kilometer dari Prime Plaza Hotel Purwakarta, dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit.

  • Berburu spot foto di Tebing Boyer

Salah satu tempat hits dan sedang viral fotonya di sosial media adalah Tebing Boyer. Di sini, kamu akan bisa menemukan berbagai spot foto menarik dan Instagramable.

Tebing dengan batuan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur. Letaknya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Jarak yang harus kamu tempuh dari Sate Maranggi Haji Yetty adalah sektiar 34 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. Selain mengambil foto, di sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Waduk Jati Luhur dan pegunungan yang sejuk.

  • Melihat dari ketinggian di Bukit Panenjoan

Dari sana, kamu bisa lanjut ke tempat wisata selanjutnya yakni Bukit Panenjoan. Letaknya di Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Dulunya Bukit Panenjoan adalah lahan tandus yang diubah menjadi tempat wisata alam. Kamu bisa melihat pemandangan berupa perkebunan teh, sawah, rumah warga, pegunungan, dan Waduk Jatiluhur.

Di sini juga tersedia jembatan bambu panjang lengkap dengan spot foto untuk mengambil foto Instagramable.

Kamu perlu menemuh jarak sejauh kurang lebih 37 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit dari Tebing Boyer.

  • Makan di Saung Manglid

Setelah puas memandangi alam dan menghirup udara segar, saatnya mengisi perut. Kamu bisa coba Saung Manglid yang terletak di Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Restoran sekaligus kafe ini menawarkan berbagai makanan khas Sunda yang nikmat. Tak hanya bisa makan, kamu juga bisa sekaligus melakukan rekreasi berupa agrowisata edukasi. Kamu bisa menanam dan memanen aneka jenis sayuran di sini.

Letaknya tak terlalu jauh dari Bukit Panenjoan. Hanya sekitar 13 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit saja.

  • Menginap di Lembang

Dari Purwakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bandung. Tepatnya masuk lewat Subang terus ke Lembang.

Di sana kamu bisa istirahat dan menginap di Sari Ater Hotel & Resort. Hotel bintang tiga yang terletak di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang. Letaknya sekitar 20 kilometer dari Saung Manglid, dengan jarak tempuh 42 menit.

Selain berupa hotel dan resor, kamu juga bisa menikmati pemandian air panas di sana. Cocok untuk menghangatkan diri di tengah udara Subang yang dingin.

Hari Keempat

  • Sarapan Sate Kelinci

Sebelum menghabiskan hari terakhir liburan, kamu bisa mengisi perut lebih dahulu dengan menyantap sate kelinci. Kamu akan mudah menemukan kedai-kedai sate kelinci di sepanjang jalan raya dari Subang menuju Lembang.

  • Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Setelah kenyang, kamu bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal. Letaknya tak terlalu jauh dari Sari Ater Hotel dan Resort. Hanya sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh 31 menit.

Di sini kamu bisa menikmati suasana alam yang begitu sejuk dengan pemandangan kawah-kawah yang menakjubkan. Beberapa kawah yang bisa kamu temui di sana adalah Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

  • Wisata Alam dan Piknik di Orchid Forest

Setelah puas berwisata di Tangkuban Perahu, kamu bisa melipir ke wisata alam lainnnya yang tak jauh dari sana. Adalah Orchid Forest Cikole yang terletak sekitar 6 kilometer saja dari Tangkuban Perahu.

Di sana kamu bisa menikmati banyak aktivitas wisata seperti Horse Ranch atau piknik. Ada paket piknik yang sudah tersedia untuk maksimal empat orang seharga Rp 180.000 suah termasuk perlengkapan serta sejumlah hidangan.

  • Mengenal Binatang di Lembang Park and Zoo

Lembang Park & Zoo jadi tujuan selanjutnya. Tempat ini cocok untuk kamu yang berwisata bersama anak-anak.

Wahana yang tersedia di Lembang Park & Zoo, antara lain E-Scooter, Riding School, panahan, water kiddy zone, perahu, padle boat, playground, kereta, bianglala, storyland, dan carnival games.

Ada pula beberapa kafe unik seperti Neko Cat Café yang memungkinkan kamu untuk bermain dengan kucing sambil makan camilan.

Jarak dari Orchid Forest pun tak terlalu jauh, yakni sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh 40 menit.

  • Beli oleh-oleh di Kota Bandung

Setelah puas bermain bersama binatang, kamu bisa turun ke arah pusat kota Bandung. Kamu bisa membeli oleh-oleh di banyak tempat di seputar kota Bandung.

Salah satu pusat oleh-oleh yang bisa kamu datangi adalah Prima Rasa Bakery Pastry yang terletak di Jalan Kemuning No. 20, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Aneka makanan tersedia di sini. Seperti pisang bollen, cheesestick, picnic roll, bolu ketan, brownies bandung, dan aneka kue tradisional lainnya.

Letaknya memang agak jauh, yakni sekitar 21 kilometer dari Lembang Park & Zoo dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

  • Mengisi tenaga di Mih Kocok Mang Dadeng

Setelah puas berbelanja oleh-oleh, kamu bisa mengisi tenaga kembali sebelum pulang ke rumah di kedai Mih Kocok Mang Dadeng. Letaknya ada di Jalan K. H. Ahmad Dahlan, No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Jaraknya tak jauh dari Prima Rasa, hanya 3,2 kilometer dengan waktu tempuh 13 menit saja. Kedai ini merupakan salah satu yang legendaris di kota Bandung.

Kuah mi kocok yang gurih dengan kaldu sapi asli berpadu nikmat dengan mi kuning yang tebal, dan potongan kikil serta kaki sapi yang kenyal.

Setelah perut terasa kenyang, waktunya kembali pulang ke Jakarta. Dari kedai Mih Kocok Mang Dadeng kamu bisa mulai perjalanan dengan masuk ke Tol Cipularang lewat gerbang tol Buah Batu.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/02/162100927/libur-akhir-tahun-dipangkas-contek-itinerary-roadtrip-ke-bogor-purwakarta

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Kawasan Heritage Depok Lama Akan Dikembangkan Jadi Tempat Wisata Sejarah

Kawasan Heritage Depok Lama Akan Dikembangkan Jadi Tempat Wisata Sejarah

Travel Update
Korea Selatan Terapkan Karantina 10 Hari untuk Seluruh Kedatangan Internasional

Korea Selatan Terapkan Karantina 10 Hari untuk Seluruh Kedatangan Internasional

Travel Update
Borobudur Marathon Bisa Jadi Contoh Pengembangan Sport Tourism di NTB

Borobudur Marathon Bisa Jadi Contoh Pengembangan Sport Tourism di NTB

Travel Update
Thailand Tetap Wajibkan Tes PCR untuk Turis Asing

Thailand Tetap Wajibkan Tes PCR untuk Turis Asing

Travel Update
Budayawan Sebut Lombok NTB Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Budaya

Budayawan Sebut Lombok NTB Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Budaya

Travel Update
Akademisi Sebut Kemajuan Pariwisata Mandalika Jangan Bikin Daerah Lain Dilupakan

Akademisi Sebut Kemajuan Pariwisata Mandalika Jangan Bikin Daerah Lain Dilupakan

Travel Update
Swiss Larang Penerbangan dari 7 Negara akibat Omicron

Swiss Larang Penerbangan dari 7 Negara akibat Omicron

Travel Update
Cara Perancis Manfaatkan Acara Olahraga untuk Promosi Produk Lokal

Cara Perancis Manfaatkan Acara Olahraga untuk Promosi Produk Lokal

Travel Update
Berpotensi Gelar Sport Tourism, Pemprov NTB Bisa Tiru Perancis

Berpotensi Gelar Sport Tourism, Pemprov NTB Bisa Tiru Perancis

Travel Update
Kamboja Batasi Kedatangan dari 10 Negara untuk Antisipasi Varian Omicron

Kamboja Batasi Kedatangan dari 10 Negara untuk Antisipasi Varian Omicron

Travel Update
9 Negara Masuk Daftar Merah Inggris akibat Varian Omicron

9 Negara Masuk Daftar Merah Inggris akibat Varian Omicron

Travel Update
Lion Air Buka Rute Surabaya-Labuan Bajo PP, Harga Mulai Rp 1 Juta

Lion Air Buka Rute Surabaya-Labuan Bajo PP, Harga Mulai Rp 1 Juta

Travel Update
Lama Karantina WNI dan WNA di Indonesia Bakal Diperpanjang hingga 10 Hari

Lama Karantina WNI dan WNA di Indonesia Bakal Diperpanjang hingga 10 Hari

Travel Update
MotoGP 2022 Bakal Bikin Untung Pariwisata NTB, tapi...

MotoGP 2022 Bakal Bikin Untung Pariwisata NTB, tapi...

Travel Update
Turis Asing Lebih Tahu Gunung Rinjani Ketimbang Gunung Bromo?

Turis Asing Lebih Tahu Gunung Rinjani Ketimbang Gunung Bromo?

Travel Update
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.