Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taman Nasional Alas Purwo Tutup Saat Libur Tahun Baru

Seperti diumumkan dalam unggahan Instagram resmi TN Alas Purwo @tnalaspurwo, kawasan tersebut akan ditutup mulai 30 Desember 2020 – 2 Januari 2021.

“Benar. Penutupan dilakukan karena kunjungan wisatawan meningkat signifikan dan berpotensi terjadi penyebaran Covid-19,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji pada Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Penutupan tersebut juga terdapat pula Surat Edaran (SE) Nomor: SE.08/T.38/TU-5/KSA.3.1/12/2020 tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Alas Purwo Nuryadi.

Dalam SE yang diunggah dalam Instagram @tnalaspurwo tersebut, tertera bahwa penutupan tersebut dilakukan sehubungan dengan semakin meningkatnya jumlah kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di sekitar desa penyangga TN Alas Purwo.

“Penutupan ini sudah kami koordinasikan dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi, dan pada prinsipnya (mereka) mendukung,” terang Probo.

Probo berharap dengan ditutupnya Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) pada kawasan TN Alas Purwo tersebut bisa menekan penyebaran Covid-19 sehingga status Banyuwangi bisa turun ke zona oranye atau kuning.

Penutupan TN Alas Purwo ini bisa jadi akan diperpanjang nantinya jika penyebaran Covid-19 masih belum bisa ditekan. Probo mengatakan pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut soal itu dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/25/141700827/taman-nasional-alas-purwo-tutup-saat-libur-tahun-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke