Salin Artikel

7 Wisata Alam Sekitar Jakarta untuk Lari Sejenak dari Rutinitas

KOMPAS.com – Warga Jakarta yang ingin lari sejenak dari rutinitas perkotaan, bisa coba berkunjung ke tempat-tempat wisata alam yang tak jauh dari pusat kota.

Berikut ini 7 tempat wisata alam sekitar Jakarta, mulai dari curug, trekking, hingga camping ground. Bisa ditempuh tak lebih dari dua jam dari pusat kota.

1. Curug Leuwi Hejo

Kabupaten Bogor memang terkenal dengan beberapa curugnya yang indah. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Curug Leuwi Hejo di Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Medang.

Sebelum bisa bersantai di curug tersebut, kamu perlu trekking lebih dahulu sejauh dua kilometer (km). Namun ketika sampai, airnya yang biru kehijauan dam jernih dapat menyegarkan mata setibanya di sana.

Kolam air terjun ini juga cukup dalam, yakni 5-7 meter. Bagi kamu pencinta adrenalin, bisa coba melakukan free diving di curug ini.

2. Mangrove Ecotourism

DKI Jakarta juga masih punya wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, yakni Taman Mangrove Jakarta di Angke, Jakarta Utara.

Selama masa transisi PSBB, Taman Wisata Alam Mangrove buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuknya Rp 30.000 untuk dewasa di hari biasa, Rp 35.000 di hari libur dan akhir pekan. Sementara untuk anak-anak adalah Rp 15.000–Rp 20.000.

Tempat ini merupakan kawasan konservasi alam mangrove dengan luas sekitar 99 hektar. Di sana, kamu bisa hunting foto di tengah alam dengan banyaknya spot foto favorit, seperti lorong jalan di sepanjang hutan dan jembatan gantung.

Pengunjung juga bisa naik perahu, menanam mangrove, melihat sunset, hingga bersepeda. Beberapa pengunjung bahkan sengaja mampir ke tempat ini setelah lelah bersepeda di sekitar Jakarta pada Minggu pagi.


3. Soekapi Camp

Soekapi Camp adalah sebuah area camping di lereng Gunung Salak, Bogor. Tempat ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 1,5 jam saja dari pusat kota Jakarta.

Area camping ini mengusung konsep semi-hotel yang praktis untuk kegiatan camping. Dengan kata lain, kamu bisa camping di sini tanpa harus membawa alat apa pun.

Pengelola sudah menyediakan aneka peralatan, mulai dari tenda, tempat tidur, selimut, area duduk, api unggun, hingga makanan.

Selain camping, di sana kamu juga bisa menikmati alam sekitar Gunung Salak. Kamu bisa trekking ke Curug Nangka yang terletak sekitar 10 menit dari area camp. Pengelola telah menyediakan paket khusus trekking.

Kamu juga bisa jogging atau berolahraga di sekitar area camp, termasuk pula sekadar bersantai di kafe Soekapi, tengah area camping.

Tarif camping di Soekapi Camp mulai dari Rp 450.000 per tenda pada Senin-Kamis. Sementara Jumat-Minggu, tarifnya mulai Rp 475.000.


4. Trekking ke Tiga Curug di Sentul

Kawasan Sentul dan sekitarnya memang punya wisata alam yang beragam. Beberapa yang sangat memesona adalah adanya tiga curug yang bisa ditempuh dengan cara trekking, yakni Curug Ciburial, Curug Kembar, dan Curug Hordeng.

Ketiga curug ini terletak tak jauh dari Sentul City, bisa ditempuh maksimal dua jam dari pusat Kota Jakarta.

Curug Ciburial memiliki ketinggian lebih kurang 10 meter dan memiliki kolam alami dengan kedalaman sekitar 6 meter. Kamu bisa berenang dan menyelam hingga ke dasar kolam.

Kemudian Curug Kembar memiliki dua air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter. Alirannya bersih dan jernih. Kedalamannya hanya sekitar dua meter.

Terakhir, Curug Hordeng yang terletak di ketinggian sekitar 720 mdpl. Kamu bisa melihat air terjun yang lebar dengan aliran air yang jernih dan sejuk. Ketika dilihat, sekilas air terjun ini mirip dengan tirai.

5. Gunung Pancar

Kawasan Gunung Pancar sering jadi pilihan berwisata alam untuk warga Jakarta karena jaraknya yang tak terlampau jauh. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam saja dari pusat kota.

Pengunjung bisa berfoto di berbagai spot foto yang tersedia dengan latar belakang alam yang indah, seperti jejeran hammock yang disusun ke atas, rumah pohon, tenda kecil, hingga meja dan kursi untuk bersantai menikmati panorama alam dari ketinggian.

Di sana juga terdapat area kemah yang luas dan bersih. Serta kegiatan outbound, bahkan glamping. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.


6. Situ Lengkong, Tangerang Selatan

Situ Lengkong ada di salah satu kota penunjang Jakarta, yakni Tangerang Selatan, tepatnya di kawasan Serpong. Biasanya, warga setempat mengunjungi tempat tersebut untuk memancing atau sekadar berwafoto ria.

Tempat ini bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari satu jam dari pusat kota Jakarta. Waktu senja biasanya jadi waktu favorit masyarakat untuk bersantai di sana. Banyak pula pesepeda yang melepas lelahnya di situ tersebut.

Situ ini merupakan danau buatan yang dibangung di kawasan bekas galian pasir. Selain bersantai, pengunjung juga bisa bermain air di air terjun kecil yang dihasilkan dari patahan pada aliran sungai di kawasan tersebut.

7. Situ Rawa Besar

Selain di Tangerang Selatan, Depok juga punya situ bernama Situ Rawa Besar. Situ ini memiliki fasilitas perahu wisata pemberian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Desember 2020.

Pengunjung bisa mengelilingi danau dengan perahu wista tersebut. Tempat ini bisa ditempuh dalam kurang waktu kurang dari satu jam dari pusat kota Jakarta.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/08/170500227/7-wisata-alam-sekitar-jakarta-untuk-lari-sejenak-dari-rutinitas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.