Salin Artikel

Itinerary Wisata Pantai di Bantul

KOMPAS.com – Pantai-pantai selatan memiliki pesona tersendiri yang membuat wisatawan kerap mengunjunginya. Deretan pantai-pantai selatan yang cantik itu ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Terlepas dari legenda Nyi Roro Kidul, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa selatan, seperti Parangtritis menawarkan pemandangan indah yang sulit untuk dilupakan.

“Di situ (Kabupaten Bantul) pantai di sepanjang jalan bisa untuk wisata,” kata Guide Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko bernama Yulianto kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Jika ingin berwisata di Bantul, Yulianto mengatakan bahwa saat ini seluruh tempat wisata di Yogyakarta telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar jika ingin tetap buka.

“Syarat utama untuk dibuka lagi adalah protokol kesehatan. Sebelum buka, ada pihak yang memastikan protokol kesehatan sudah sesuai standar. Ada sidak dari pihak terkait,” jelasnya.

Kendati demikian, wisatawan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian jika sakit. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut itinerary seharian wisata di Bantul:

Transportasi di Bantul

Jika ingin berwisata dari Kota Yogyakarta menuju Bantul, Yulianto mengatakan bahwa pilihan transportasi dapat disesuaikan dengan jumlah orang yang hendak bepergian. Untuk 1-2 orang bisa naik motor dan untuk lebih dari empat orang bisa menggunakan mobil.

“Penyewaan mobil kisaran Rp 300.000-an,” katanya.

Namun, harga akan disesuaikan apakah lepas kunci atau tidak, jarak tempat wisata yang hendak dikunjungi saling berdekatan atau tidak, serta apakah peminjaman mobil memakan waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari satu hari.

Untuk penyewaan motor, salah satu rental motor yang lokasinya dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu adalah WS Rental Jogja dengan harga mulai dari Rp 70.000 per 24 jam.

Ada juga JOGJIG Rental Motor di depan Stasiun Lempuyangan dengan harga sewa mulai dari Rp 60.000. Kedua usaha rental motor tersebut sudah dilengkapi peminjaman helm dan jas hujan.

Sarapan gudeg dekat Tugu Jogja

Gudeg adalah salah satu kuliner legendaris dan kerap dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Jika ingin menyantap gudeg sebagai menu sarapan, kamu bisa berkunjung ke Pasar Kranggan yang letaknya tidak jauh dari Tugu Pal Putih.

“Di sini ada cenil, jenang, gudeg, dan lopis. Jajanan tradisional di situ ada,” tutur Yulianto.

Untuk harganya sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena makanan berat atau makanan ringan di Pasar Kranggan memiliki harga yang terjangkau.

Pilihan pantai di Bantul

  • Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parantritis, Kecamatan Kretek. Jarak dari Tugu Pal Putih menuju tempat wisata tersebut adalah 30,5 kilometer (km) via Jalan Parangtritis.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan laut lepas yang dilengkapi dengan perbukitan karang yang indah. Sambil melihat panorama alam, kamu bisa bermain air. Namun, wisatawan tidak boleh berada di lokasi yang memiliki rambu khusus.

Sebab, rambu-rambu tersebut menandakan bahwa lokasi tersebut sudah masuk dalam cekungan, sehingga akan membahayakan wisatawan yang bermain air. Agar lebih aman, kamu bisa bertanya dulu kepada penjaga pantai titik mana saja yang aman.

Jika penjaga pantai melarangmu bermain air di area tepi pantai, ada baiknya kamu patuhi hal tersebut. Harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah Rp 10.000 per orang.

  • Pantai Parangkusumo

Jarak dari Pantai Parangtritis menuju Pantai Parangkusumo adalah 23 meter. Lokasinya cukup dekat dan kamu hanya perlu berjalan ke arah barat dari Pantai Parangtritis.

Sama dengan Pantai Parangtritis, pantai ini juga memiliki kaitan erat dengan Nyi Roro Kidul. Namun, legenda tersebut tidak menutupi indahnya tempat wisata yang kerap menarik perhatian wisatawan.

Area pesisir yang luas dapat kamu manfaatkan untuk bermain voli pantai atau bersepeda di sepanjang bibir pantai.

Sama dengan pantai selatan lainnya, tanyakan kembali titik mana saja yang dapat dimanfaatkan untuk bermain air agar aman.

Tidak jauh dari sana, ada Gumuk Pasir Parangkusumo yang terkenal akan kegiatan sandboarding-nya. Dengan nominal Rp 100.000 per orang, kamu sudah dapat papan untuk sepuasnya atau bergantian, serta pemandu.

Harga tiket masuk Pantai Parangkusumo sudah termasuk dalam pembelian tiket ke Pantai Parangtritis. Namun, kamu tetap harus membayar biaya parkir.

  • Pantai Cemara Sewu

Tempat selanjutnya yang dapat dikunjungi adalah Pantai Cemara Sewu yang lokasinya hanya 1,5 km dari Pantai Parangkusumo.

Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, di sini kamu akan disambut oleh pohon-pohon cemara yang menghiasi pantai, sehingga memberikan suasana teduh.

Jika ingin makan siang terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan wisata, kamu bisa mengunjungi warung-warung di kawasan pantai dengan harga menu terjangkau.

Apabila kamu membawa bekal, Pantai Cemara Sewu memiliki gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk santai sejenak sambil mengenyangkan perut.

Setelah istirahat, kamu bisa lanjut berjalan-jalan di tepi pantai sambil bermain air atau mendirikan istana pasir. Untuk kegiatan berenang, kamu bisa melakukannya di sebuah kolam yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Meski ukurannya hanya 30x10 meter dan memiliki kedalaman tidak lebih dari dua meter, namun kolam tersebut adalah alternatif paling aman ketimbang berenang di pantai.

Selain bermain air, kamu bisa menjelajahi kawasan hutan cemara sambil berswafoto ria. Ada juga sebuah ayunan di dekat bibir pantai yang dapat dimanfaatkan sebagai spot foto.

Harga tiket masuk Pantai Cemoro Sewu sudah termasuk dalam pembelian tiket ke Pantai Parangtritis. Namun, kamu tetap harus membayar biaya parkir.

https://travel.kompas.com/read/2021/03/15/113100127/itinerary-wisata-pantai-di-bantul

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.