Salin Artikel

4 Tips Berwisata ke Curug Cikuluwung Bogor, Wajib Cek Ramalan Cuaca

KOMPAS.com - Curug Cikuluwung merupakan salah satu obyek wisata alam populer di Bogor. Air terjun ini terletak di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaaten Bogor.

Wisatwan bisa menikmati panorama alam berupa air terjun dengan air berwarna kehijauan. Untuk mencapai kawasan ini wisatawan perlu berkendara sekitar 1 jam 30 menit dari stasiun dan terminal Kabupaten Bogor.

"Buka setiap hari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pukul 11.30 sampai jam 12.30 istirahat sejenak, jam tutup bisa berubah tergantung kondisi cuaca," kata marketing staff Curug Cikuluwung bernama Panji kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Adapun tips yang perlu diketahui wisatawan sebelum berkunjung ke Curug Cikuluwung adalah sebagai berikut:

1. Periksa ramalan cuaca

Sangat penting untuk memastikan kondisi cuaca sebelum bepergian, termasuk ketika ingin berlibur di kawasan Curug Cikuluwung.

Wisatawan bisa lebih leluasa menikmati pemandangan alam sekitar saat cuaca sedang cerah. Selain itu jika hujan turun, aliran air terjun biasanya cenderung keruh.

"Cek cuaca Bogor, kondisi warna air tergantung cuaca. Jika sore atau malamnya hujan, air berwarna cokelat. Jika tidak hujan, air berwarna hijau," tutur Panji.

Oleh sebab itu, musim kemarau menjadi waktu yang paing cocok bagi wisatawan untuk mengunjungi Curug Cikuluwung.

2. Bawa kantong sampah

Menjaga kebersihan di tempat wisata menjadi salah satu kewajiban yang harus dipatuhi  wisatawan, terutama jika berkunjung ke alam.

Salah satu upaya untuk menjaga keindahan dan kelestarian wisata alam adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oleh sebab itu, wisatawan yang berkunjung ke Curug Cikuluwung dianjurkan membawa kantong sampah.

"Membawa kresek pribadi untuk menampung sampah pribadi," tutur Dea Arisandi yang juga merupakan marketing staff di obyek wisata Curug Cikuluwung.

3. Pakai sandal

Salah satu kebijakan yang wajib diketahui wisatawan Curug Cikuluwung adalah larangan menggunakan alas kaki di sekitar kawasan wisata.

Oleh sebab itu, wisatawan disarankan menggunakan sandal atau alas kaki yang mudah dilepas dan dibawa ke mana-mana.

"(Lebih baik) menggunakan sandal karena di lokasi tidak boleh memakai alas kaki," terang Dea.

4. Bawa baju ganti

Berwisata di atraksi air tidak akan lengkap rasanya jika tidak berenang atau sekedar bermain dan merasakan kesegarannya. Oleh sebab itu, wisatawan disarankan  membawa baju ganti saat mengunjungi Curug Cikuluwung.

Selain itu, baju ganti juga diperlukan karena wisatawan harus melewati aliran air saat menuju Curug Cikuluwung 1. Baju cadangan pun diperlukan untuk berjaga-jaga jika baju yang dikenakan basah.

"Bawa salin (baju ganti), meskipun tidak ada niatan untuk berenang. Karena untuk menuju spot Curug Cikuluwung 1 mesti melewati air terlebih dahulu," pungkas Panji

Wisatawan yang berniat mengunjungi Curug Cikuluwung juga diharapkan untuk selalu mematuhi peraturan serta protokol kesehatan yang berlaku.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/16/133441427/4-tips-berwisata-ke-curug-cikuluwung-bogor-wajib-cek-ramalan-cuaca

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.