Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Rencana Sambutan untuk Turis Asing Pertama yang Tiba di Bali

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya berencana melakukan penyambutan bagi penerbangan internasional pertama yang tiba di Bali.

“Ada rencana penyambutan. Namun, hingga saat ini kami masih menunggu terkait jadwal penerbangan dari maskapai yang mendarat ke Bali,” kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (18/10/2021).

Selain itu, lanjut Sandiaga, hal tersebut masih dikoordinasikan dengan pihak terkait. Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah persiapan penanganan wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia.

“Penanganan untuk selalu mengikuti ketentuan karantina, teknis kedatangan perjalanan, dan persyaratan yang sudah ditetapkan,” kata dia.

  • Hotel dan Paket Wisata Belum Dipesan Turis Asing, Ini Kata Pelaku Pariwisata
  • Hingga 16 Oktober, Penerbangan Internasional ke Bali Masih Belum Ada
  • Hanya Turis Asing Berpaspor dari 19 Negara yang Bisa Langsung ke Bali dan Kepri
  • Dua Negara Tetangga Cabut Aturan Karantina untuk Turis Asing, Indonesia Ikut?
  • Hotel Karantina Turis Asing di Bali Boleh Terima Tamu Biasa, Tetapi...

Belum ada penerbangan ke Bali

Bali sudah dibuka kembali untuk wisman dari 19 negara tertentu sejak 14 Oktober 2021. Beberapa di antaranya adalah China, Jepang, Italia, dan Swedia.

Kendati demikian hingga 16 Oktober 2021, belum ada maskapai yang mengajukan slot penerbangan internasional berjadwal ke Pulau Dewata.

“Kami berharap dalam waktu dekat, maskapai mulai mengajukan slot penerbangan internasional ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Faik Fahmi, melansir Kompas.com, Senin.

Selain belum ada penerbangan internasional ke Bali, pemesanan hotel dan paket wisata pun masih nihil dengan mayoritas wisman masih bertanya-tanya soal paket wisata.

Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, para wisman yang bertanya tentang paket wisata rata-rata menanyakan untuk kunjungan pada November-Desember.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/19/130100727/ada-rencana-sambutan-untuk-turis-asing-pertama-yang-tiba-di-bali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke