Salin Artikel

6 Cara Check In di Hotel bagi Pemula agar Tidak Rugi

KOMPAS.com – Liburan akhir tahun sudah tiba dan hotel bisa menjadi pilihan akomodasi saat menghabiskan masa liburan di tempat wisata. 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika hendak check-in di hotel agar prosesnya menjadi lebih lancar dan aman. 

Bagi calon tamu hotel yang masih pemula, berikut  cara check-in hotel yang Kompas.com lansir dari Suites and Lobbies, Rabu (29/12/2021). 

1. Unduh aplikasi hotel 

Hal pertama yang dilakukan sebelum check-in adalah mengunduh aplikasi hotel yang dipilih sebelumnya. 

Beberapa hotel menerapkan aturan check-in secara daring, sehingga para tamu hanya perlu melakukan konfirmasi di front desk (bagian penerima tamu) dan mengambil kunci saja. 

Para calon tamu juga bisa check-in secara langsung dengan menemui bagian penerima tamu di lobi, khususnya jika mereka memiliki permintaan kamar yang khusus. 

2. Menitip barang jika datang lebih awal

Setiap hotel memiliki waktu check-in dan check-out yang berbeda. Melansir Kompas.com, Kamis (6/8/2020), waktu check-in umumnya pukul 14.00 waktu setempat dan check-out pukul 12.00 waktu setempat. 

Jika belum bisa check-in lantaran datang lebih awal, tamu yang sudah melakukan pemesanan bisa menitip barang bawaan mereka di bell desk agar mereka bisa menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau makan di restoran. 

Sebagai informasi, menurut hmhub.in, bell desk atau meja bel adalah kelanjutan dari front desk. Beberapa tugas staf yang ada di bagian tersebut, antara lain menangani barang bawaan tamu, mengumpulkan kunci kamar saat tamu check-out, dan mendistribusikan pesan dari front desk jika tamu tidak ada di kamar. 

Kendati demikian, para tamu wajib bertanya terlebih dahulu kepada staf hotel. 

3. Tanya lokasi kamar

Usai proses check-in, jangan ragu untuk bertanya mengenai letak kamar, salah satunya di lantai berapa kamar tersebut berada. 

Hal ini akan membantu para tamu untuk menemukan kamar dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus kebingungan berputar-putar di lorong hotel. 

Para tamu juga bisa bertanya apakah pihak hotel menyediakan layanan upgrade kamar secara gratis, jangan lupa lakukanlah dengan sopan.  

Jika tidak mendapatkan secara gratis, mungkin para tamu bisa mendapat diskon saat upgrade ke kamar yang lebih mewah. 

5. Minta check-in lebih awal

Beberapa hotel memiliki peraturan waktu check-in dan check-out yang harus dipatuhi, namun ada juga hotel yang lebih fleksibel, dikutip dari Travel and Leisure. 

Kendati demikian, para tamu yang minta check-in lebih awal juga sebaiknya lebih fleksibel dengan tipe kamar yang tersedia saat itu. 

Para tamu juga bisa menanyakan tentang waktu check-out lebih lambat jika memungkinkan. 

6. Menginap di kamar yang lebih spesifik

Para tamu bisa minta menginap di kamar hotel yang lebih spesifik karena beberapa tamu memiliki karakter yang berbeda.

Misalnya, ada tamu yang mudah terganggu dengan suara berisik, ada juga tamu yang mudah beristirahat meski situasi di sekitarnya ramai. 

Bila menyukai ketenangan, para tamu bisa minta kamar jauh dari lift atau kamar yang menghadap jalan atau halaman yang sepi. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/30/061128627/6-cara-check-in-di-hotel-bagi-pemula-agar-tidak-rugi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.