Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tebet Eco Park Resmi Dibuka, Ini Area dan Fasilitasnya

KOMPAS.com - Pemerintah DKI Jakarta baru saja meresmikan Taman Tebet di Jakarta Selatan dengan nama barunya, Tebet Eco Park, Sabtu (23/04/2022).

Taman seluas 7 hektare yang baru selesai direvitalisasi ini menjadi momentum penyambutan kembali manusia dalam ekosistem alam di kota besar, seperti Jakarta.

Adapun peresmian dilakukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati, Sabtu sore.

  • Sudah Diresmikan, Masyarakat Kini Bisa Main ke Tebet Eco Park
  • Tebet Eco Park Segera Diresmikan, Bisa Coba Sederet Akitivitas Ini

Mengutip laman resmi Tebet Eco Park, Senin (25/4/2022), dua kawasan taman yang awalnya terpisah, Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan, kini telah bersatu.

Kedua area tersebut disatukan dengan jembatan berwarna merah-oranye yang melingkar dan membentuk simbol serupa angka delapan atau infinity (tak terbatas), sesuai dengan namanya yakni Infinity Link Bridge.

Dari pemantauan Kompas.com di lapangan, Minggu (24/4/2022), jembatan ini akan menyala dengan pencahayaan artistik saat malam hari.

Area dan fasilitas di Tebet Eco Park?

Tebet Eco Park sisi utara

Untuk sisi utara yang sejauh ini menjadi satu-satunya pintu masuk dan keluar bagi pengunjung, terbagi menjadi area Plaza, Thematic Garden, Community Lawn, dan area UMKM. 

1. Tebet Eco Park Plaza

Area ini merupakan plaza yang menjadi landmark utama di area utara Taman Tebet. Dari peta gambar yang ada, Tebet Eco Park (TEP) Plaza berada persis di depan Gerbang Utama taman.

Oleh karena itu, TEP Plaza menjadi tempat masuk pertama kali saat menginjakkan kaki di taman sekaligus titik kumpul para pengunjung.

Tidak jauh dari TEP Plaza, terdapat tempat parkir, meja informasi, toilet, mushala, serta kios makanan dan minuman.

2. Taman tematik

Thematic Garden (Taman Tematik) berada di bawah Infinity Link Bridge, didesain untuk mengantar dan menyambut pengunjung yang akan naik atau baru turun dari jembatan.

Berada di sebelah aliran sungai, Thematic Garden menjadi area sosialisasi dan rekreasi bagi pengunjung untuk ingin menikmati ruang terbuka hijau.

Dengan pepohonan tinggi, kursi kayu, tanaman berbunga, dan area piknik, banyak pengunjung yang bersantai maupun berfoto-foto di sini.

3. Community Lawn

Area ini ditujukan untuk membuat ruang akomodasi kegiatan publik yang lebih intim dan berkelompok.

Community Lawn sendiri didesain dengan gundukan-gundukan tanah berumput di perbukitan, yang seolah membuat ruang lebih kecil dan privat, namun tetap menyatu.

Saat berkunjung ke area ini, Kompas.com menemukan beberapa pengunjung yang sedang duduk santai atau tidur-tiduran di atas rumput. Ada juga yang membuat konten video di tengah lahan kosong yang cukup luas. 

4. Area UMKM

UMKM merupakan area bagi pengunjung yang ingin beristirahat serta menikmati makanan, minuman, hingga cinderamata unik.

Lokasi area UMKM berada persis di samping tempat parkir, atau tidak jauh dari Gerbang Utama Tebet Eco Park.

Namun, sejauh pemantauan Kompas.com kemarin (24/4/2022), area UMKM terlihat masih kosong, belum diisi oleh gerai-gerai makanan atau minuman.


Tebet Eco Park sisi selatan

Untuk menuju sisi selatan, pengunjung dapat menyeberang dengan memanfaatkan Infinity Link Bridge.

1. Wetland Boardwalk

Wetland atau rawa merupakan lahan genangan air atau lahan basah yang menjadi aset ekologis penting bagi Tebet Eco Park.

Zona ini adalah sebuah sistem natural yang didesain untuk pengendalian banjir dan meningkatkan kualitas air dengan menggunakan tanaman-tanaman yang dapat mendukung pemurnian air. 

2. Community Garden

Area ini merupakan zona di pintu masuk taman selatan yang rencananya digunakan untuk mengakomodasi kegiatan berkebun atau bercocok tanam pengunjung.

Namun, sampai kemarin (24/4/2022), zona pintu masuk taman selatan terlihat belum dibuka untuk umum dan masih dibatasi pagar-pagar dari seng. 

3. Taman bermain anak

Area bermain anak ini berupa terbagi dalam tiga zona, yaitu Zona Petualangan, Zona Eksplorasi, dan Zona Leisure, mengutip Kompas.com (8/2/2022).

Zona Petualangan menghadirkan sarana permainan yang memicu gerak anak dan melatih kelincahan seperti labirin atau memanjat tiang dan kayu. 

Kemudian, Zona Eksplorasi dapat melatih gerak motorik anak sambil menggugah rasa ingin tahu mereka pada alam.

Terakhir, ada Zona Leisure yang mengakomodasi kegiatan olahraga bagi pengunjung dengan menyediakan peralatan olahraga secara gratis.

Selain ketiga zona tersebut, terdapat area duduk-duduk santai, yang dapat dimanfaatkan orangtua atau wali yang menemani anak mereka bermain. 

4. Forest Buffer

Forest Buffer adalah zona yang lebih tenang untuk pengunjung yang ingin berjalan-jalan di bawah rindangnya pohon sambil menikmati alam sekitar.

Forest Buffer sendiri didesain berdekatan dengan Community Garden sebagai pendukung kegiatan sosial yang lebih santai dan edukatif.

Sementara, lokasinya yang berada di sebelah jalan raya dapat membantu meredam suara bising kendaraan masuk ke taman.

Jika ingin berkunjung, kamu dapat menuju lokasi Tebet Eco Park di Jalan Tebet Timur Raya, RT 1 RW 10, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. 

Adapun jam buka taman ini adalah setiap hari, pukul 06.00 - 19.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/25/153100927/tebet-eco-park-resmi-dibuka-ini-area-dan-fasilitasnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke