Salin Artikel

Spanyol Dapat Penghargaan Destinasi Ramah Muslim Terbaik Tahun 2022

KOMPAS.com - Spanyol mendapatkan penghargaan sebagai “Top Muslim-Friendly Emerging Destination” atau "Destinasi ramah muslim terbaik yang berkembang" tahun 2022, dalam Halal in Travel Awards 2022.

“Halal in Travel Awards” merayakan upaya para pelaku industri perjalanan yang sangat berdampak pada gaya hidup Muslim serta segmen perjalanan, dikutip Kompas.com dari SchengenVisaInfo.com, Jumat (10/6/2022).

Penghargaan tersebut mengakui upaya pihak berwenang di Spanyol dalam meningkatkan tingkat kesadaran destinasi ramah muslim yang kemudian mengarah pada lonjakan layanan halal, seperti dilaporkan oleh International Quran News Agency.

Penghargaan tersebut diterima oleh Duta Besar Spanyol untuk Singapura Santiago Miralles. Serta Direktur Tourism Board Spanyol untuk Asia Tenggara, Selandia Baru, dan Australia, Monica Sanchez.

Dalam pidatonya, Duta Besar Miralles menekankan bahwa layanan ramah Muslim yang ditawarkan di Spanyol terus meningkat karena kerja sama yang erat antara sektor publik dan swasta.

Ia juga mengatakan, sejumlah besar hotel, restoran, dan perusahaan di Spanyol beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

"Beberapa produk dan layanan juga memiliki Sertifikasi Halal yang dilabeli oleh Institut Halal, serta telah memastikan bahwa produk serta layanan tersebut memenuhi persyaratan sesuai hukum Islam," ujarnya. 

  • Daftar 9 Vaksin yang Diakui Spanyol untuk Syarat Perjalanan, Ada Sinovac
  • Mengenal Paseo del Prado dan Buen Retiro di Spanyol, Warisan Dunia UNESCO Terbaru

Miralles menyebutkan, daftar tempat dengan pilihan halal di Spanyol juga sangat beragam. Selain makanan, negara ini juga terkenal dengan masjidnya serta kaya akan warisan Islam.

Menurut laporan tersebut, sejumlah besar pelancong Muslim memilih kota-kota seperti Cordoba dan Granada untuk menghabiskan waktu Ramadhan.

Pelancong tersebut mengatakan bahwa selama Bulan Suci, beberapa lembaga seperti Casa rabe, Dewan Kota Cordoba, serta Institut Halal menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Noches de Ramadan di Cordoba.

Kegiatan tersebut merupakan program khusus yang mencakup beberapa agenda seperti film, lokakarya, diskusi, konser, serta pameran lainnya.


Spanyol sempat terpuruk karena pandemi

Kendati telah mendapat penghargaan Halal in Travel, sektor ekonomi Spanyol sempat sangat terpengaruh akibat penyebaran Covid-19 dan varian barunya.

Oleh karena itu, pihak berwenang di Spanyol terus berupaya membantu industri perjalanan dan pariwisata negaranya, dengan menyambut kedatangan turis internasional. 

Baru-baru ini, dilaporkan bahwa Spanyol berhasil memulihkan 85,4 persen turis internasional pada bulan April.

Setelah membuka pintunya bagi 6,1 juta pengunjung internasional yang menghabiskan total 6,901 juta euro untuk perjalanan mereka. Angka itu dikatakan mendekati angka pra-pandemi.

Adapun data tersebut disajikan melalui laporan terbaru dari National Statistics Institute (INE) Spanyol.

Menurut Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata, Maria Reyes Maroto, bulan Suci Ramadhan membantu pengaktifan kembali sektor pariwisata di Spanyol dengan cepat.

“Selain itu, kami menerima wisatawan yang tinggal lebih lama di negara kami, dan sebagai akibatnya, menghabiskan lebih banyak untuk perjalanan mereka, yang menunjukkan bahwa kami sedang bergerak menuju model pariwisata yang lebih berkualitas dan lebih menguntungkan,” kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/10/170500927/spanyol-dapat-penghargaan-destinasi-ramah-muslim-terbaik-tahun-2022

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.