Salin Artikel

400 Orang Ikuti Festival Budaya Parade Songke di Manggarai Timur, NTT

BORONG,KOMPAS.com - Lembaga pendidikan SMK Cinta Damai di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar festival budaya dengan melibatkan 400 orang untuk mengikuti Parade Songke Manggarai Timur, Senin, (13/6/2022).

Parade Songke, Festival Budaya warnai HUT ke-10 SMK Cinta Damai ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan dan keunikan motif kain songke di Manggarai Timur.

Sebanyak Lebih dari 400 orang menggelar Parade Songke yang dipadukan dengan Festival Budaya meriahkan HUT ke X Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Cinta Damai.

Peserta Parade Songke ini terdiri dari para guru, pegawai, dan murid. Seluruh peserta berdiri di badan jalan pintu masuk sekolah mengenakan kain adat Songke, lengkap dengan aksesori adat lainnya. Lalu, rombongan melewati jalur parade yang sudah ditetapkan.

Beberapa tempat menjadi spot foto. Titik ini kemudian dijadikan spot pengambilan gambar, kemudian Parade berlanjut menuju spot berikutnya.

Promosi wisata baru melalui songke

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas pada sela-sela parade mengatakan bahwa Parade Songke ini jadi ajang promosi wisata baru.

Motif yang terdapat pada kain songke merupakan sebuah karya yang memiliki nilai artistik dan peran generasi milenial saat ini merawat dan melestarikan warisan budaya.

"Saya tentu senang dan bangga dengan kreatifitas civitas SMK Cinta Damai hari ini dengan pagelaran Parade Songke," kata dia dalam siaran pers yang Kompas.com terima, Selasa, (14/6/2022).

Dirinya terinspirasi melalui gelaran itu dan berencana akan menggelar Parade 10.000 Songke saat HUT Kabupaten Manggarai Timur pada 23 November 2022.

Selain parade Songke, beberapa permainan tradisional juga dipentaskan. Sebut saja maeng mangka (main gasing), Rangkuk alu Mbata, Danding, dan berbagai tarian tradisional khas Manggarai.

Adapun SMK Cinta Damai kini berusia 10 tahun dan sudah menghasilkan sekitar 1.062 orang yang tersebar di hotel berbintang, restoran, kapal pesiar, rumah makan di Labuan Bajo, Kupang, Denpasar, Makassar.

SMK Cinta Damai memang tidak hanya belajar ilmu pariwisata, tetapi menjadi pembelajaran budaya. SMk Cinta Damai bekerja sama dengan Paroki St. Hubertus Sok dalam mengembangkan pariwisata holistik.

https://travel.kompas.com/read/2022/06/14/180600327/400-orang-ikuti-festival-budaya-parade-songke-di-manggarai-timur-ntt

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.