Salin Artikel

Ramai Dibincangkan, Berapa Harga Tiket Masuk TN Komodo Saat Ini?

KOMPAS.com - Biaya masuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) rencananya akan menjadi Rp 3,75 juta per orang untuk satu tahun, yang dibayarkan secara kolektif per empat orang menjadi Rp 15 juta, mulai 1 Agustus 2022.

Sebagai informasi, biaya Rp 3,75 juta bukanlah harga tiket, melainkan biaya konservasi yang ditetapkan sebagai kompensasi atas hilangnya nilai jasa ekosistem taman nasional itu, akibat lonjakan kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun belakangan.

Lantas, berapa harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo saat ini?

Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina Sukarsono mengatakan, tidak ada kenaikan untuk harga tiket masuk Taman Nasional Komodo.

"Menurut BTNK (Balai Taman Nasional Komodo), harga yang berlaku masih sama, sesuai peraturan sebelumnya," tutur Shana saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

  • Tiket masuk Taman Nasional Komodo

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk warga negara asing (WNA) pada hari Senin-Sabtu mulai dari Rp 150.000 per orang. Pada hari Minggu atau libur nasional harganya menjadi mulai dari Rp 225.000 per orang.

Sementara itu, harga tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk wisatawan nusantara (wisnus) pada hari Senin-Sabtu mulai dari Rp 5.000, dan pada hari Minggu atau hari libur nasional lainnya mulai dari Rp 7.500.

  • Harga paket trekking dan wildlife viewing di Taman Nasional Komodo

Aktivitas trekking dan pengamatan satwa (wildlife viewing) di Taman Nasional Komodo harus dibeli satu paket.

Tarif trekking mulai dari Rp 5.000 per orang, dan tarif wildlife viewing mulai dari Rp 10.000 per orang. Nantinya wisatawan dapat melihat kehidupan satwa di sejumlah lokasi, termasuk Loh Liang di Pulau Komodo, Loh Buaya di Pulau Rinca, dan Padar Selatan di Pulau Padar.

  • Tarif snorkeling dan diving di Taman Nasional Komodo

Wisatawan yang ingin snorkeling di Pink Beach Pulau Komodo, Siaba Besar, dan Tatawa, akan dikenakan tarif mulai dari Rp 15.000 per orang.

Sementara itu, untuk aktivitas diving, lokasinya ada di Batu Bolong, Crystal Rock, Karang Makassar, dan Cannibal Rock. Tarif diving mulai dari Rp 25.000 per orang.

  • Sport fishing di Taman Nasional Komodo

Aktivitas memancing ini harus dilakukan dengan pendampingan petugas Balai Taman Nasional Komodo, dan atas izin khusus serta pengurusan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI). Tarifnya adalah mulai dari Rp 25.000 per orang.

  • Fotografi di Taman Nasional Komodo

Wisatawan juga bisa mengambil gambar termasuk melakukan pemotretan satwa malam hari (nokturnal) dengan pendampingan khusus perugas Balai Taman Nasional Komodo. Aktivitas fotografi ini dikenakan tarif mulai dari Rp 250.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2022/07/01/141659927/ramai-dibincangkan-berapa-harga-tiket-masuk-tn-komodo-saat-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.