Salin Artikel

Gembira Loka Zoo Batasi Wahana Interaksi dengan Satwa, Cegah Wabah PMK

KOMPAS.com - Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah membatasi wahana yang memerlukan interaksi antara pengunjung dengan satwa (petting zoo), guna mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Interaksi ada pembatasan dengan kuota. Misalnya memberi pakan satwa, termasuk berfoto lebih dekat dengan satwa, dibatasi kuota," kata Kepala Bagian Humas dan Promosi Gembira Loka Zoo, Fahmi Ramadhan, dikutip dari Antara, Selasa (5/7/2022).

Ia menambahkan bahwa ketentuan tersebut telah diterapkan sejak bulan Juni 2022, mengikuti rekomendasi tim kesehatan satwa di kebun binatang tersebut.

  • Kunjungan ke Yogyakarta Naik, Diharapkan Banyak Wisatawan yang Belanja Produk Lokal
  • 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Adapun pembatasan ini dilakukan dari sisi kuota pakan yang diberikan oleh pengunjung di wahana itu. 

"Hanya 100 pakan per hari, sementara jumlah pengunjung di Gembira Loka Zoo mencapai 3.000 orang per hari. Dengan cara itu sudah terbatasi sendiri," tuturnya.

Fahmi melanjutkan bahwa sejumlah satwa yang ada di kebun binatang tersebut berisiko terjangkit PMK, di antaranya kambing etawa, keledai, domba batur, kuda poni, kura-kura sulcata, kura-kura emys, kelinci jawa, kelinci german giant, marmut, dan ayam brahma.

Untuk diketahui, PMK disebabkan oleh virus yang tidak bisa menulari manusia, namun bisa dibawa oleh manusia. Misalnya dari alas kaki yang digunakan. 

Oleh sebab itu, pembatasan di wahana petting zoo juga bertujuan melindungi satwa.

"PMK sendiri tidak menular ke manusia, tapi mungkin bisa dibawa manusia. Misal ada pengunjung yang sepatunya ada (virus) PMK-nya itu salah satu faktor, meskipun sangat jarang," jelasnya.

Kendati demikian, tim kesehatan satwa di kebun binatang tersebut secara teratur mendisinfeksi dan memberikan vitamin.

Jika nantinya terdapat satwa yang tertular PMK, lanjutnya, maka satwa tersebut akan dipisahkan agar tidak menjangkiti satwa lain.

  • 15 Tempat Wisata Anak di Yogyakarta, Pas buat Libur Sekolah 
  • 5 Wisata di Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Musim Hujan

https://travel.kompas.com/read/2022/07/05/201700727/gembira-loka-zoo-batasi-wahana-interaksi-dengan-satwa-cegah-wabah-pmk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.