Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada "Fashion Week" di Takengon Aceh, Bantu Promosi Wisata

Terlihat sejumlah model lokal melenggang di Tugu Aman Dimot, Takengon, Sabtu (13/08/2022). Namun, Takengon Fashion Week, yang diramaikan oleh para model yang mengenakan karya desainer asal Takengon, Parman atau Opa, digelar secara terbatas.

Menurut inisiator Takengon Fashion Week, Direktur komunitas Explore Gayo, Satria Darmawan, kegiatan ini terinspirasi dari Citayam Fashion Week di Jakarta. Namun, tahap pertama ini dibuat terbatas untuk kegiatan promosi wisata.

Komunitas yang dipimpin Satria bekerja sama dengan Griya Model.

"Kami selalu welcome untuk kegiatan yang positif, apalagi kesempatan bagi para model di Aceh Tengah tampil sangat terbatas. Jadi ini kesempatan untuk mereka tampil, sekalian ikut bantu promosi wisata," sebut Satria.

Karena Aceh merupakan daerah yang menjalankan syariat Islam, para model perempuan terlibat dalam Takengon Fashion Week ini disyaratkan mengenakan pakaian syar'i. Misalnya, model perempuan dibuat mengenakan pakaian tertutup dan kerudung.

Para model juga menggunakan pakaian bernuansa merah putih karena dalam suasana perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kali ini para model yang tampil dengan konsep merah putih karya Opa. Sesuai momentum 17 Agustus. Supaya para remaja kembali mencintai NKRI," Ucap Satria.

"Di seberang lokasi ini ada zebra cross. Nah, ending dari promosi wisata ini kami tampil disana. Sama sekali tidak mengganggu lalu lintas," ucap Satria.

"Konsepnya sedang kami rancang, kami tetap sesuaikan dengan syariat Islam, tidak mengganggu lalu lintas. Ini masih awal, Insya Allah akan kami buat ramai," ungkap Satria.

Ia berharap, Takengon Fashion Week dapat menjadi ruang ekspresi bagi warga sekitar, khususnya anak muda di Aceh Tengah. Sehingga, tak hanya membantu promosi daerah, kehadiran acara tersebut dapat menjadikan Aceh Tengah sebagai salah satu daerah mode di Aceh.

Selain itu, kawasan Tugu Aman Dimot yang berada di depan Polres Aceh Tengah, dapat dimanfaatkan sebagai lokasi untuk kegiatan positif para generasi muda, sebagaimana halnya SCBD di Jakarta.

"Hari ini ada sekitar 25 orang yang terlibat, termasuk 15 model. Nah, ke depan kita akan buka lebih banyak lagi," tambah Satria.

https://travel.kompas.com/read/2022/08/14/101000427/ada-fashion-week-di-takengon-aceh-bantu-promosi-wisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke