Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mampir ke Sarang Army, Cocok untuk Staycation Para Penggemar BTS

KOMPAS.com - Saat pintu unit apartemen dibuka, tampak sebuah ruangan yang luas dengan dekorasi warna-warna pastel seperti ungu muda, kuning, pink muda, biru, dan putih.

Ruangan berisi dua lantai ini merupakan sebuah penginapan di Jakarta Barat yang baru beroperasi pada Juni 2022, bernama Sarang Army.

Sesuai namanya, pemilik loft memang merupakan seorang Army, sebutan bagi penggemar BTS. Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan sendiri adalah grup vokal pria asal Korea Selatan yang saat ini populer di seluruh dunia.

  • Inspirasi di Balik Kamar BTS di Jakarta, Berawal dari Dukungan Penggemar
  • Harga dan Fasilitas Staycation di Kamar Bertema BTS di Jakarta Barat

Lantai pertama yang estetik

Saat Kompas.com berkunjung, Jumat (07/10/2022), dari depan pintu masuk, suasana ala BTS memang langsung terasa, baik dari pemilihan warna maupun funitur.

Di dinding sebelah kanan, terdapat backdrop mural bola basket yang terinspirasi dari lagu "Dynamite". Di sampingnya, juga ada beberapa lampu neon bergaya retro yang bertuliskan "Wings" dan "Persona".

Sementara itu, di sebelah kiri, terdapat toilet pertama yang bernuansa pastel. Bahkan di bagian atas kloset, tersimpan beberapa merchandise berupa boneka anggota BTS.

Di lantai yang sama, ada dapur berukuran besar yang dilengkapi kulkas, wastafel, rice cooker, beberapa alat makan, serta microwave.

Setelah diamati lebih dekat, pintu kulkas ternyata dihiasi oleh beberapa magnet kulkas berbentuk album-album BTS yang populer, seperti Butter dan Persona. 

Bergeser sedikit, ada wastafel tempat cuci piring yang di sampingnya memiliki lemari berisi peralatan makan seperti piring dan rice cooker, serta dipercantik dengan mini standee salah seorang anggota BTS. 

Kemudian, beralih ke area ruang tengah atau ruang TV, terlihat furnitur berupa sofa dan meja berwarna keunguan, warna khas Army dan BTS. Di depannya, terdapat satu set alat karaoke dan smart TV berukuran 50 inchi, yang menyambung dengan YouTube serta Netflix. 

Salah satu yang menarik perhatian adalah sebuah panggung menari (dance stage) yang terinspirasi dari salah satu lagu hits BTS berjudul Butter, dengan warna khas kuning. Di panggung itu tersedia mikrofon yang bisa dijadikan properti jika ingin membuat konten. 

Persis di samping ruang TV, ada balkon yang cukup luas, bisa diisi hingga empat sampai lima orang.

Balkon itu juga memiliki spot foto, yaitu logo BTS dari dedaunan, yang menarik karena bersebelahan dengan pemandangan kota Jakarta dari lantai 21. 

Beralih menuju tangga ke lantai dua, terdapat lemari putih berisi pernak-pernik BT21, mulai dari boneka, bola salju, hingga gantungan kunci. BT21 sendiri merupakan karakter lucu sebagai proyek kerjasama antara LINE FRIENDS dan BTS sejak tahun 2017.

Saat menaiki tangga, pandangan mata langsung tertuju pada dinding sebelah kanan, yang didekorasi dengan lemari transparan berisi pernak-pernik official maupun handmade buatan para Army Indonesia. 

Di antaranya ada kartu UNO, pigura foto, hingga boneka pajangan. Sayangnya, sama seperti lemari putih di bawah, lemari ini tidak bisa dibuka sembarangan untuk menjaga barang-barang di dalamnya. 

Lantai atas sendiri memiliki luas ruangan sekitar tiga perempat dari lantai bawah. Isinya ada kamar tidur, meja rias, lemari baju, pojok duduk santai, serta kamar mandi.

Dari depan tangga, terlihat sebuah sudut berisi dua bean bag, karpet, dan meja yang di atasnya ada dua majalah tentang BTS. Sudut ini dinamakan “Borahae” neon box-purple wall relaxing corner.

Sesuai namanya, nampak tulisan hangeul "Borahae" pada dinding berwarna ungu. Kata ini dipakai sebagai pengganti kata "love" saat mengucapkan "I love you".

Borahae pertama kali diciptakan dan diucapkan oleh salah satu anggota BTS bernama V, pada 2016. Borahae secara keseluruhan memiliki arti "Mari saling percaya dan mencintai sampai akhir seperti warna ungu, yang merupakan warna terakhir dari pelangi".

Bergeser sedikit, ada toilet yang memiliki pancuran air panas dan peralatan lengkap. Kamar mandi ini dipermanis dengan mini standee salah seorang anggota BTS yang ada di dekat wastafel. 

Selanjutnya, ada meja rias dengan cermin bulat yang estetik. Di atas meja tersebut, berjejer rapi foto anggota BTS dan dekorasi lainnya. Sementara, di sebelah kanan, ada lemari berisi baju-baju dan topi bertema BTS, buatan para Army Indonesia.

Area terakhir adalah kamar tidur, yang sprei dan selimutnya lagi-lagi bertemakan para karakter lucu dari BT21. 

Tidak hanya nyaman, di depan kasur juga telah tersedia proyektor 70 inchi yang cocok untuk dibuat nonton bareng (nobar) bersama teman-teman saat malam hari. Pengunjung bisa menonton film, konser, atau bernyanyi bersama.

  • 4 Tempat Tradisional di Korea Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting BTS
  • Pertama Kali ke Seoul? Ini 5 Obyek Wisata Rekomendasi BTS

Jika tertarik untuk menginap, biaya kamar Sarang Army adalah mulai Rp 1,5 juta per malam, untuk kapasitas hingga enam orang. Pemesanan bisa dilakukan melalui Airbnb atau menghubungi Instagram sarangarmyy. 

https://travel.kompas.com/read/2022/10/14/110400727/mampir-ke-sarang-army-cocok-untuk-staycation-para-penggemar-bts

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke