Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Kamar Standard dan Deluxe di Hotel, Jangan Sampai Keliru

KOMPAS.com - Hotel pada umumnya menyediakan beberapa tipe kamar yang dapat dipilih oleh para tamu. Termasuk, tipe kamar standard atau standard room dan kamar deluxe atau deluxe room. 

Perbedaan kamar standard dan deluxe di hotel perlu dipahami agar tidak keliru saat hendak memesan.

Sebab, tidak jarang tamu yang masih kebingungan dalam membedakan masing-masing kamar tersebut. Baik dari sisi fasilitas, harga, maupun lokasinya. 

Berikut perbedaan kamar standard dan deluxe seperti dirangkum Kompas.com. 

Sesuai namanya, tipe kamar ini menyediakan fasilitas standar hotel atau fasilitas paling dasar, seperti dikutip dari Kompas.com (11/2/2017). 

Ukuran kasur pada kamar standar bervariasi bergantung pada klasifikasi bintang hotel. Ada hotel yang memberikan fasilitas kasur model single bed, queen size, atau king size. 

Dari sisi harga, kamar standard pada umumnya adalah kamar dengan tarif menginap paling murah per malamnya. Jadi, tipe kamar ini cocok bagi kamu yang hendak berlibur dengan budget terbatas. 

Dari sisi lokasi, jenis kamar hotel ini tidak memiliki pemandangan yang istimewa. Bahkan, pada beberapa hotel jenis kamar standard bahkan tak memiliki jendela.

Melansir ViaTravelers, kamar ini cocok bagi tamu sebanyak maksimal dua orang. Sejumlah fasilitas yang dapat ditemui pada kamar standard meliputi kasur, kursi, meja, meja rias, telepon, kamar mandi, televisi, dan lemari. 

Kamar deluxe adalah jenis kamar yang memiliki fasilitas dan ukuran lebih baik dari kamar standard. Bahkan, fasilitas dan ukuran kamar deluxe lebih baik dibandingkan kamar superior. 

Melansir ViaTravelers, kamar deluxe biasanya menyediakan ruang tamu. Bahkan, pada sejumlah hotel kamar tipe ini dilengkapi dengan dapur terpisah. 

Dari sisi lokasi, kamar deluxe pada umumnya menawarkan pemandangan yang menarik seperti pantai, lanskap kota, dan sebagainya. 

Fasilitasnya pun lebih lengkap, seperti kamar mandi berukuran besar dilengkapi dengan bathtub, shower, meja rias, meja samping tempat tidur, meja tulis kecil, kursi, lemari es mini dan sebagainya

Sedangkan dari sisi harga, tentunya tarif menginap di kamar deluxe lebih mahal dibandingkan kamar standard. 

Kamar ini cocok untuk tamu yang membutuhkan lebih banyak ruang, seperti keluarga kecil. 

Namun demikian, beberapa hotel justru menyebut kualitas kamar deluxe di bawah kamar superior, seperti dikutip dari Kompas.com (11/2/2017). 

Jadi, agar tidak salah pilih sebaiknya para tamu memastikan lebih dulu kondisi kamar deluxe yang ada di hotel tujuan.

https://travel.kompas.com/read/2022/11/13/202424527/perbedaan-kamar-standard-dan-deluxe-di-hotel-jangan-sampai-keliru

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+