Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aktivitas di Langit Gantole, Bisa Foto Berlatar Bukit Berawan

KOMPAS.com - Menyaksikan panorama Bandung dari ketinggian bisa menjadi opsi mengisi waktu luang. Salah satunya dengan mengunjungi resto dan penginapan Langit Gantole. 

Destinasi yang berlokasi di Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Dari sini, kita bisa melihat city light Kota Bandung, dari Bandung Barat sampai Bandung Timur. Bisa juga menyaksikan langsung sunrise dan sunset," tutur owner Langit Gantole, Ayang Rosyan Anwar kepada Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Aktivitas di Langit Gantole Bandung

Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa melakukan sejumlah aktivitas lain di Langit Gantole, yakni:

Goa Cirahong dapat ditempuh sekitar 1 kilometer dari penginapan. Sementara itu, lokasi Air Terjun Curug Sawer sedikit lebih jauh, yakni 2 kilometer dari penginapan.

Perjalanan menuju kedua tempat itu akan ditemani oleh pemandu.

"Nanti tamu bisa memanfaatkan jasa guide untuk memandu perjalanan ke sana," jelas Ayang, yang juga Duta Pariwisata untuk Jawa Barat itu.

Biaya pemandu dihitung berdasarkan kelompok. Jika satu kelompok terdiri dari empat orang, maka masing-masing membayar Rp 25.000.

2. Paralayang

Tertarik menjajal olahraga ekstrem? Tepat di sebelah penginapan dan resto, terdapat area paralayang (olahraga terbang bebas menggunakan parasut).

Tiket paralayang untuk turis domestik dipatok seharga Rp 500.000, sedangkan turis asing dikenakan Rp 600.000.

Fasilitas ini, menurut Ayang, adalah hasil kolaborasi Langit Gantole dengan atlet paralayang se-Jawa Barat.

3. Bersantai sembari ngopi

Bagi yang kurang tertarik melakukan kedua aktivitas outdoor bisa bersantai sambiln menikmati secangkir kopi. 

Atau, bisa juga menikmati secangkir kopi yang dapat dipesan di resto. Tempat ini menyediakan Kopi khas Gantole, yang dipanen langsung dari sumbernya.

"Kita juga ada kopi hitam khas Gantole, yang dipanen dari lahan kita seluas 3 hektar," ujar Ayang.

Kita bisa berfoto di area kemah dengan latar pepohonan di hutan atau bisa juga memanfaatkan pemandangan perbukitan berawan sebagai latar foto. 

Ada pula beberapa spot yang Instagenic, seperti di gazebo atau bathtub di unit Sky Villa yang menyajikan hamparan city light Kota Bandung.

5. Berkemah

Berdiri di atas tanah seluas lebih kurang 5 hektar, Langit Gantole memiliki dua tipe penginapan, yaitu tipe Sky Glamping (lima unit) dan Sky Villa (satu unit).

Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di camping ground yang bisa menampung hingga 30 tenda. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa di Langit Gantole.

Tarif sewa tenda adalah Rp 80.000 untuk kapasitas empat orang. 

6. Kulineran

Selain ngopi, pengunjung juga bisa menikmati menu kuliner yang tersedia, seperti kudapan berupa singkong dan cireng, hingga makanan utama seperti ikan sambal bakar, ayam sambal bakar, steak, nasi goreng kampung, dan Nasi Goreng Gantole.

Bagi yang mencari minuman hangat bisa memesan bajigur, susu panas, bandrek, kopi hitam, hingga Kopi khas Gantole.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/11/170423527/6-aktivitas-di-langit-gantole-bisa-foto-berlatar-bukit-berawan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke